• Rabu, 26 Januari 2022

Hikmat Ramdani Rebut Medali Emas Parabadminton Peparnas Papua

- Minggu, 14 November 2021 | 18:27 WIB
hikmat ramdani peparnas papua
hikmat ramdani peparnas papua

Tasikmalaya - Hikmat Ramdani atlet parabadminton kelahiran Sukarame Kabupaten Tasikmalaya berhasil menggondol medali emas di kelas SL-4 elite Peparnas Papua.

Di partai final yang berlangsung di Auditorium Cendrawasih Papua, Hikmat sukses membuat kejutan dengan mengalahkan unggulan sekaligus peraih medali perunggu Paralimpiade Tokyo 2020 Fredy Setiawan yang membela Jawa Tengah.

Atlet yang bernaung di bawah National Paralimpic Comitte Indonesia (NPCI) Kabupaten Tasikmalaya itu sukses memberi andil besar terhadap perbendaharaan atlet kontingen Jabar pada ajang Peparnas 2020 yang berakhir Sabtu (13/11/2021).

Jalannya laga final yang dilakoni Hikmat Ramdani cukup dramatis. Sempat tertinggal 10-11 di interval pertama, pebulu tangkis 20 tahun itu kembali menemukan kepercayaan diri hingga menyudahi game pertama dengan kemenangan atas sang senior Fredy Setiawan yang mewakili Jawa Tengah dengan skor 21-16.

Pada game kedua, pertandingan makin sengit. Hikmat yang sempat tertinggal mampu membuat gebrakan, kemudian mampu mengejar ketertinggalan dan membalikkan keadaan. Pada poin krusial, Hikmat justru membuat sejumlah kesalahan yang membuat lawan mengejar poin.

Namun akhirnya Hikmat berhasil memastikan gelar juara setelah menyelesaikan pertandingan dengan skor 21-16, 24-22.

Pengurus NPCI Ukun Rukaendi pun mengaku bangga atas pencaapian Hikmat dan sejumlah atlet asal NPCI Kabupaten Tasikmalaya yang telah berkontribusi pada perbendaharaan medali kontingen Jabar.
Hal itu menunjukan bahwa atlet dari Kabupaten Tasikmalaya bisa meraih prestasi jika dilakukan pembinaan secara serius.

Apalagi selain Hikmat, atlet asal NPC Kabupaten Tasikmalaya merebut 11 medali emas, sembilan perak dan enam medali peringgu.

Hikmat Bersiap Menuju Asian Youth Para Games 2021 di Bahrain


Hikmat mengaku beryukur karena bisa merebut medali emas dengan mengalahkan senior yang selama ini tak pernah ia taklukan di ajang resmi maupun saat latihan.

Namun dengan keyakinan, fokus, percaya diri, serta bermain all out tanpa beban, hadangan yang berat di  partai final itu bisa ia lewati.

Medali emas itu ia persembahkan bagi dua orangtuanya Lolo Maolana dan Ny. Ika Kartika, para pengurus NPCI Kabupaten Tasik maupun Jabar yang intens menempa dirinya hingga banyak meraih kesuksesan.

Kemenangan ini jadi pengalaman dan motivasi bagi dia untuk terus berlatih keras serta tak merasa puas atas hasil yang diperoleh.

Hikmat juga mengungkap selalu ingat pesan kedua orang tuanya yang mengingatkan untuk berdoa sebelum main, kerja keras untuk kebanggaan keluarga, serta memotivasi agar jangan gampang menyerah sebelum point 21 selesai.

"Dari awal tekad untuk meraih hasil maksimal saya pelihara, terlebih saat final tanggal 13 November bertepatan dengan ulang tahun kakak saya dan sehari sebelumnya merupakan ulang tahum ayah saya. Jadi ya spesial di hari yang spesial bagi keluarga tercinta," ujar atlet  yang masih lajang itu.

Kemenangan ini juga menjadi bekal Hikmat yang akan tampil di ajang Asian Youth Para Games 2021 di Bahrain, awal Desember nanti. "Setelah ini saya akan kembali fokus berlatih untuk mempersiapkan diri menuju Bahrain," ujar Hikmat.

Editor: A Team

Tags

Terkini

Penyerang MU Martial Dipinjamkan ke Sevilla

Selasa, 25 Januari 2022 | 12:16 WIB

Hari Ini Persib Hadapi Borneo FC, Robert dalam Tekanan

Selasa, 18 Januari 2022 | 08:45 WIB

Menteri Basuki 'Juara' Pertandingan Badminton

Sabtu, 8 Januari 2022 | 15:14 WIB
X