• Jumat, 1 Juli 2022

Semifinal SEA Games 2022: Timnas Indonesia U 23 Gagal ke Final, Laga Lawan Thailand Diwarnai Hujan Kartu Merah

- Kamis, 19 Mei 2022 | 22:21 WIB
Para pemain Timnas Indonesia U 23 sebelum pertandingan melawan Thailand semifinal SEA Games 2022.* (pssi.org)
Para pemain Timnas Indonesia U 23 sebelum pertandingan melawan Thailand semifinal SEA Games 2022.* (pssi.org)

TINTA PUTIH - Harapan Timnas Indonesia U 23 untuk meraih medali emas ketiga kalinya cabang olahraga sepak bola putra dalam ajang SEA Games harus kandas.

Jangankan meraih emas, Timnas Indonesia U 23 pun dipastikan gagal meraih perak karena tak akan bertanding pada partai final. Hal itu setelah dalam semifinal SEA Games 2022 Vietnam, Garuda Muda dikalahkan oleh Thailand melalui perpanjangan waktu skor 0-1 (0-0, 0-0).

Pertandingan di Stadion Thien Truong, Hanoi, Kamis 19 Maret 2022 sore WIB, berlangsung panas pada menit-menit akhir. Empat kartu kuning dikeluarkan oleh wasit asal Uni Emirat Arab yakni tiga untuk pemain Timnas Indonesia U 23, dan satu untuk pemain Thailand.

Baca Juga: Mesut Ozil Sapa Warga Indonesia, 'Hai Indonesia, Saya Akan Datang', Instagram Raffi Ahmad pun Diserbu Warganet

Hasil itu pun membuat Indonesia kembali gagal mengulang kesuksesan meraih medali emas SEA Games tahun 1987 dan 1991. Bahkan, gagal mengulang kemenangan dengan lawan yang sama pada SEA Games Manila 1991, saat Indonesia menang 4-3 atas Thailand melalui adu penalti.

Selain itu, kekalahan Indonesia tersebut kian menjadikan Indonesia lebih banyak kalah saat melawan tim negeri gajah putih. Sejak pertama kali ikut serta dalam SEA Games 1977, Indonesia dan Thailand telah bertanding 24 kali.

Hasilnya, Indonesia hanya enam kali menang yang tiga diantaranya melalui adu penalti, dua kali imbang, dan Thailand meraih 16 kemenangan.

Baca Juga: Kuota Haji Hanya Untuk yang Belum Pernah Menunaikan Haji

Dalam pertandingan tersebut, Indonesia tanpa diperkuat bek kanan Asnawi Mangkualam karena akumulasi kartu kuning. Namun Indonesia diperkuat lagi Saddil Ramdani yang datang dari Malaysia setelah memperkuat Sabah FC.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Buffon : Angel Di Maria Setara Dengan Maradona

Senin, 27 Juni 2022 | 11:37 WIB
X