• Kamis, 7 Juli 2022

Tragedi Dua Bobotoh Persib Bandung Meninggal di GBLA, Ini Pernyataan Komdis PSSI

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 23:25 WIB
Asep Ahmad Solihin dan Sofian Yusuf, dua orang Bobotoh Persib Bandung yang meninggal di Stadion GBLA Kota Bandung saat laga Persib vs Persebaya, Jumat 17 Juni 2022.*   (Instagram.com/@masperdipersib)
Asep Ahmad Solihin dan Sofian Yusuf, dua orang Bobotoh Persib Bandung yang meninggal di Stadion GBLA Kota Bandung saat laga Persib vs Persebaya, Jumat 17 Juni 2022.* (Instagram.com/@masperdipersib)

TINTA PUTIH - Meninggalnya dua orang Bobotoh Persib Bandung pada pertandingan Grup C Piala Presiden 2022 Persib vs Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat 17 Juni 2022, menimbulkan duka saat sepak bola Indonesia baru akan bangkit lagi.

Turnamen tersebut digelar sebagai pramusim menjelang Liga 1 2022/2023 yang rencananya dimulai 27 Juli mendatang. Sebelumnya, selama dua tahun sepak bola Tanah Air tak melibatkan penonton di stadion. Termasuk para Bobotoh yang tak dapat menyaksikan Persib secara langsung.

Bahkan pada tahun awal pandemi, liga dan turnamen ditiadakan. Barulah pada tahun kedua pandemi, Liga 1 2021/2022 digelar lagi dengan sistem bubble yakni di tempat terpusat. Para suporter termasuk Bobotoh hanya bisa menyaksikan melalui televisi.

Baca Juga: Bobotoh Berduka, Perwakilan Manajemen dan Pemain Persib Melayat ke Rumah Alm. Asep Ahmad Solihin

Dengan adanya peristiwa meninggalnya dua Bobotoh Persib di Bandung itu, PSSI melalui Komite Disiplin (Komdis) segera melakukan investigasi. Hal itu disampaikan Ketua Komdis PSSI Erwin Tobing.

“Kami segera melakukan investigasi kenapa ini bisa terjadi. Ini yang akan kami dalami. Saat ini kami tidak bisa berandai-andai soal peristiwa ini,” kata Erwin dikutip situs PSSI, Sabtu 18 Juni 2022.

Erwin mengaku jika saat melakukan investigasi ditemukan kesalahan dari panitia lokal, PSSI pasti akan menjatuhkan hukuman. Pihaknya akan mendalami mulai over kapasistas Stadion GBLA, panitia pelaksana yang tak siap, atau hal lainnya.

Baca Juga: Bobotoh Berduka, Laga Persib vs Persebaya Diwarnai Dua Suporter Persib Meninggal, Persib Sampaikan Duka Cita

"Kalau kita melihat stadion yang penuh, amat mungkin itu over capacity. Lalu di mana kesalahannya? Apakah panitia mencetak tiket tidak sesuai dengan regulasi, atau panpel yang tidak siap. Semua akan kita dalami," ujarnya.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X