• Senin, 8 Agustus 2022

Indonesia Resmi Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, Bersaing dengan Empat Negara Ini

- Rabu, 29 Juni 2022 | 15:41 WIB
Logo Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).* (pssi.org)
Logo Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).* (pssi.org)

TINTA PUTIH - Indonesia melalui Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah putaran final Piala Asia 2023. Pengajuan tersebut dilakukan setelah PSSI mendapatkan izin dan dukungan dari pemerintah.

Pengajuan yang dilakukan Indonesia tak kepas dari kelolosan skuad Garuda ke putaran final Piala Asia 2023. Timnas Indonesia lolos setelah menempati posisi runner up grup dalam fase kualifikasi Piala Asia 2022 di Kuwait baru-baru ini, di bawah juara grup  Yordania.

Indonesia lolos melalui pintu sebagai salah satu tim yang menempati lima kuota runner up grup terbaik babak kualifikasi. Di fase grup itu, Timnas Indonesia dan Yordania menyisihkan tuan rumah Kuwait dan Nepal yang harus puas menempati peringkat ketiga dan keempat.

Baca Juga: Menikah di Malam Takbiran, Sudah Jadi Tradisi di Kabupaten Pangandaran

Karena itulah Indonesia telah memenuhi syarat awal menjadi tuan rumah yang salah satunya harus lolos lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Sebelumnya, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah menetapkan Piala Asia 2023 digelar di Cina pada 16 Juni-16 Juli 2023. Tetapi negara tersebut mengundurkan diri dengan alasan kasus Covid 19 meningkat.

Setelah Cina mundur, AFC pun mencari solusi dengan menawarkan kepada semua negara yang lolos putaran final untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, termasuk Indonesia. Batas waktu yang diberikan AFC untuk melengkapi persyarakat sebagai tuan rumah adalah akhir Juni 2022.

Baca Juga: Tanggal dan Bacaan Niat Puasa Sunat Awal Dzulhijjah 1443 HIjriah

Dengan demikian, Indonesia akan bersaing dengan negara-negara lain yang juga mengajukan menjadi tuan rumah. Hingga saat ini, selain Indonesia ada empat negara yang juga berminat menjadi tuan rumah yaitu Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Qatar.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X