• Senin, 8 Agustus 2022

Akhirnya AFF Beri Respons, Klaim Tak Ada Pelanggaran pada Laga Vietnam U 19 vs Thailand U 19

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 20:19 WIB
Pertandingan  Vietnam U 19 melawan Thailand U 19 Piala AFF U 19 2022 yang berakhir dengan skor 1-1.* (pssi.org)
Pertandingan Vietnam U 19 melawan Thailand U 19 Piala AFF U 19 2022 yang berakhir dengan skor 1-1.* (pssi.org)

TINTA PUTIH - Setelah lama dinanti, Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) akhirnya merespons surat Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengenai pertandingan babak penyisihan Grup A Piala AFF U 19 2022 antara Timnas Vietnam U 19 vs Thailand U 19 di Stadion Madya, Jakarta, Minggu 10 Juli 2022 malam.

Seperti diberitakan, laga Vietnam U 19 vs Thailand U 19 itu berakhir dengan skor 1-1. Hasil itu membuat Timnas Indonesia U 19 gagal ke semifinal, meskipun dalam pertandingan saat bersamaan di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Indonesia menang besar atas Myanmar skor 5-1.

Klasemen akhir laga Vietnam U 19 vs Thailand U 19 itu membuat Indonesia, Vietnam, dan Thailand mempunyai poin sama 11. Meski selisih gol Indonesia jauh lebih besar, secara klasemen kecil tiga tim tersebut, negara yang lolos semifinal adalah Vietnam dan Thailand karena unggul head to head.

Baca Juga: Link Live Streaming Final Community Shield Liverpool vs Manchester City, Menguji Adu Tajam 2 Striker Anyar  

Hal yang membuat curiga para suporter Indonesia, permainan Vietnam U 19 vs Thailand U 19 setelah imbang 1-1 pada menit-menit terakhir diduga lebih kepada mengamankan posisi mereka. Sebelumnya, Thailand mencetak gol lebih dulu melalui Kroekphon Arbram menit ke-72. Vietnam membalas melalui gol Khuat Van Khang (75').

Para penggemar sepak bola Indonesia pun ramai-ramai melancarkan protes melalui media sosial, termasuk di akun AFF dan PSSI. Desakan agar Indonesia keluar dari AFF dan bergabung dengan East Asia Football Federation (EAFF) bermunculan. PSSI lalu membuat surat kepada AFF  mempertanyakan apakah laga Vietnam U 19 vs Thailand U 19 berjalan fair play atau tidak.

Dikutip situs PSSI, Sabtu 30 Juli 2022, dalam surat balasannya kepada PSSI, AFF menunjuk Sports Radar untuk melihat adanya indikasi kecurangan dalam pertandingan. Mereka juga menghadirkan ahli analisa teknis untuk memberikan masukan dan mempelajari laporan pengawas dan perangkat pertandingan.

Baca Juga: Persib vs Madura United 1-3, Dipermalukan di Kandang, Peringkat Persib Melorot

Selain itu AFF meminta masukan dari Ketua Komite Hukum AFF yang juga Ketua Komite Disiplin (Komdis) AFC. Dengan semua masukan itu, dinyatakan tak ada peraturan yang dilanggar dalam 12 menit terakhir laga Vietnam U 19 vs Thailand U 19. AFF kemudian menyatakan berterima kasih kepada PSSI yang telah menyampaikan isu ini agar AFF bisa mempelajari dari berbagai sisi.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X