• Minggu, 28 November 2021

Puluhan Nelayan Pangandaran Ikuti Sekolah Cuaca BMKG

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:51 WIB
sekolah lapangan cuaca nelayan
sekolah lapangan cuaca nelayan

Pangandaran - Puluhan nelayan di Kabupaten Pangandaran mengikuti sekolah lapangan cuaca nelayan (SLCN) 2021 di kampus Poltek Perikanan dan Kelautan Cikidang Pangandaran, Selasa (19/10/2021).

Acara yang digelar stasiun meteorologi Tunggul Wulung Cilacap bertujuan untuk membuat nelayan bisa memanfaatkan informasi cuaca yang dikeluarkan BMKG.

"BMKG berupaya memberikan pemahaman kepada nelayan terkait iklim dan cuaca kemaritiman. Kita beri cara-cara menerjemahkan informasi-informasi yang kami keluarkan," kata Kepala Balai BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho.

Hendro mengatakan pihaknya ingin mengubah paradigma nelayan, yang selama ini pergi mencari ikan diubah menjadi menangkap ikan.

"Kita ingin ubah dari nelayan pencari ikan menjadi penangkap ikan. Kalau mencari ikan kan random, tak jelas tujuannya. Kalau menangkap ikan nelayan sudah punya tujuan, sudah memiliki target lokasi ikan," kata Hendro.

Hendro menjelaskan selain memberikan informasi seputar kondisi cuaca, dalam aplikasi yang dirilis BMKG juga terdapat fitur fish finder. Dalam aplikasi itu bisa didapat informasi keberadaan ikan, untuk memudahkan nelayan saat melaut.

"Aplikasinya bernama Inawis. Bisa diakses langsung oleh nelayan, nah sekarang kita berikan pemahaman bagaimana menginterpretasikan semua informasi di aplikasi tersebut," kata Hendro.

Dia menambahkan nelayan tradisional selama ini memang memiliki kearifan lokal yang kerap dijadikan panduan untuk melaut dan mencari ikan.

Namun akibat perubahan iklim yang tak menentu, perhitungan tradisional atau kearifan lokal itu terkadang meleset. Dari segi cuaca bisa membahayakan keselamatan dan dari segi pencarian ikan, jadi tidak produktif.

"Makanya kita kombinasikan kearifan lokal dengan ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Hendro didampingi Taruna sebagai Kepala Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap.

 

Editor: A Team

Tags

Terkini

UMK Ciamis Naik 0,92 Persen Bupati Herdiat Minta Maaf

Senin, 22 November 2021 | 17:15 WIB

Welcome Home Budi Budiman !

Minggu, 7 November 2021 | 19:53 WIB

Meretas Jalan Berliku Produk UMKM Menuju Minimarket

Selasa, 2 November 2021 | 22:28 WIB

Menyerap Aspirasi Petani Bupati Ikut Tandur

Jumat, 29 Oktober 2021 | 08:28 WIB
X