• Minggu, 28 November 2021

Pembudidaya Perikanan Ciamis Tebar Gurame Soang dan Bentuk Kampung Nila

- Rabu, 3 November 2021 | 07:51 WIB
pembudidaya perikanan ciamis
pembudidaya perikanan ciamis

Ciamis - Perayaan ulang tahun Pembudidaya Perikanan Ciamis (PPC) yang ke-2 dijadikan momentum untuk lebih menguatkan kebersamaan serta mendorong budi daya perikanan jadi salah satu lini usaha yang potensial dalam meraih kesejahteraan.

Aksi tebar benih ikan gurame soang di 258 desa dan launching kampung Nila di kampung Banjarwaru, Desa/Kecamatan Kawali akan jadikan titik awal sekaligus ikhtiar warga PPC dalam merealisasikan harapan tersebut.

"Dua program yang jadi agenda besar PPC di ulang tahun yang kedua itu diharapkan bisa memacu para pembudidaya ikan untuk meraih kesejahteraan, " ujar Ketua PPC Hendar Suhendar pada acara rapat tahunan PPC yang digelar di Aula Balai Benih Ikan Sukamaju Ciamis, Selasa 2 November 2021.

Turut hadir dalam rapat tersebut diantaranya Anggota Komisi IV  DPR RI KH. Asep Ahmad Maoshul Affandy, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis, Drs. H. Syarif Hidayat, M.Si ,serta seluruh pengurus, pembina dan para anggota PPC.

Tebar ikan gurame soang yang direncanakan digelar bersamaan dengan launching kampung nila itu, ujar Hendar jadi komitmen PPC untuk mempatenkan gurame soang sebagai ikan khas dari tatar Galuh Ciamis.

"Dengan kerendahan hati, kami berharap juga Pak Bupati bisa ikut mendorong serta datang langsung pada acara yang direncanakan digelar 18 November di Kawali seraya ikut mendorong setiap kepala desa melakukan penanaman minimal 100 ekor benih ikan gurame di masing-masing desa," kata Hendar yang didampingi Wakil Ketua PPC yang juga Pembina Kampung Nila H. Wahyudin Fadillah.

Dengan banyaknya sebaran budi daya ikan gurame soang, Hendar yakin harapan dipatenkannya ikan gurame soang sebagai ikon perikanan Ciamis lebih terbuka lebar.

"Harapannya brand Ciamis sebagai penghasil ikan gurame soang terlegitimasi bila sudah dipatenkan. Makanya para pemilik indukan atau benih gurame soang diharapkan bisa mendukung rencana dan keinginan besar PPC ini," kata Hendar.

Kampung Nila Perkuat Ikon Ciamis Penghasil Ikan


Sementara kehadiran kampung Nila di Banjarwaru pun diharapkan jadi pilot project model usaha budi daya perikanan yang terintegrasi mulai dari pembenihan, pendederan, olahan pasca panen hingga pemasarannya.

"Kita yakin kehadiran kampung Nila bisa memperkuat ikon Ciamis sebagai sentra penghasil ikan terbaik di tanah air," ujar Wahyudin.

Apalagi di calon kampung nila yang dihuni lebih dari 60 kolam dalam satu hamparan itu, dianugrahi sumber air yang lancar sehingga membuat sirkulasi airnya baik.

"Hal itulah yang menjadi keunggulan kualitas ikan Ciamis yang identik dengan dagingnya yang tidak bau tanah dan tebal serta higienis karena tak ada "helikopter" di atas kolamnya, " ujar Wahyu.

Anggota Komisi IV DPRI Asep Maosul Affandi maupun Kadis Peternakan dan Perikanan Syarif Hidayat mengapresiasi komitmen PPC yang terus berikhtiar membantu menyejahterakan masyarakat.

Meski baru terbentuk dua tahun, kontribusi dan kiprah nyatanya sudah mulai tampak. "Apalagi PPC merupakan yang pertama memberikan dukungan pada program inovasi Gedor Waruga," ujar Syarif.

Asep Maosul pun dalam kapasitasnya sebagai anggota DPR RI mengaku akan datang dan membantu setiap program yang tengah dirintis Hendar dan kawan-kawan PPC.

"Kekompakan dan kebersamaanya sudah bagus dan hal itu jadi modal penting untuk sebuah organisasi. Tinggal sinerginya dengan setiap jejaring yang ada dalam memperkuat eksistensinya harus terus dilakukan, " ujar dia.*

Editor: A Team

Tags

Terkini

UMK Ciamis Naik 0,92 Persen Bupati Herdiat Minta Maaf

Senin, 22 November 2021 | 17:15 WIB

Welcome Home Budi Budiman !

Minggu, 7 November 2021 | 19:53 WIB

Meretas Jalan Berliku Produk UMKM Menuju Minimarket

Selasa, 2 November 2021 | 22:28 WIB

Menyerap Aspirasi Petani Bupati Ikut Tandur

Jumat, 29 Oktober 2021 | 08:28 WIB
X