• Minggu, 28 November 2021

Tiga Warga Terpapar DBD Dinkes Kota Tasikmalaya Lancarkan Fogging

- Jumat, 12 November 2021 | 20:17 WIB
DBD Tasikmalaya
DBD Tasikmalaya

Tasikmalaya - Sejumlah lokasi yang dianggap rentan sebagai sarang nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD) di RW 02 Kelurahan Gunung Tandala, Kecamatan Kawalu menjadi target sasaran pengasapan atau fogging.

Kegiatan fogging nyamuk DBD digelar Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya atas usulan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Karang Taruna dan Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerindra Kecamatan Kawalu.

Lokasi seperti kandang ayam, pos ronda, WC umum, gudang konveksi dan seluruh rumah yang ada di lingkungan RW yang berjumlah ratusan kepala keluarga menjadi sasaran penyemprotan sarang nyamuk penyebar penyakit DBD itu.

Langkah itu dilakukan karena tiga orang warga setempat yang terdiri dari dua orang anak dan seorang Lansia terdeteksi terserang penyakit demam berdarah dua minggu lalu.

Warga setempat pun merasa khawatir. Sehingga Ketua RW O2 Agus Darmawan meminta bantuan PSM Gunung Tandala Syamsul Basar untuk memfasilitasi penyemprotan. "Alhamdulillah kekhawtiran warga jadi sedikit terobati dengan adanya penyemprotan ini," ujar Agus.

Musim hujan yang mengguyur Tasikmalaya dalam beberapa pekan terakhir membuat potensi sarang nyamuk sangat banyak.

Warga, kata Agus sebenarnya telah diingatkan untuk selalu menerapkan pola 3M yakni menguras tempat penampungan air, menutup semua wadah yang mengandung air serta menyingkirkan barang-barang bekas yang kemungkinan dapat menyimpan sisa-sisa air hujan atau genangan air lainnya.
"Tetapi ya tetap saja ada yang terdampak," ujar Agus.

Atas situasi itu, PSM Gunung Tandala Syaeful Basar dibantu Ketua PAC Gerindra Kawalu Ade Soemantri dan Wakil Ketua Karangtaruna Kawalu, Fikri Zulfikar berinisiatif mengomunikasikan kekhawatiran warga tersebut kepada pegiat sosial asal Kawalu Ny. Ita Puspita S.Pd serta Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya.

"Bu Ita maupun Dinkes langsung merespon dan menerjunkan tim untuk melakukan penyemprotwn.  Bagaimanapun kesehatan lingkungan harus menjadi tanggung jawab bersama. Dengan fogging ini diharapkan dapat membasmi jentik-jentik nyamuk, sehingga tidak ada lagi lagi warga yang terserang penyakit demam berdarah," Ujar Ade Soematri di sela penyemprotan.*

Editor: A Team

Tags

Terkini

UMK Ciamis Naik 0,92 Persen Bupati Herdiat Minta Maaf

Senin, 22 November 2021 | 17:15 WIB

Welcome Home Budi Budiman !

Minggu, 7 November 2021 | 19:53 WIB

Meretas Jalan Berliku Produk UMKM Menuju Minimarket

Selasa, 2 November 2021 | 22:28 WIB

Menyerap Aspirasi Petani Bupati Ikut Tandur

Jumat, 29 Oktober 2021 | 08:28 WIB
X