• Minggu, 28 November 2021

Tipiring Pelanggaran Prokes di Pantai Pangandaran Terkendala

- Sabtu, 13 November 2021 | 15:20 WIB
prokes pantai pangandaran
prokes pantai pangandaran

Pangandaran - Penegakan kewajiban menjalankan protokol kesehatan (Prokes) di objek wisata pantai Pangandaran menemui kendala. Padahal penegakan aturan berupa sanksi tindak pidana ringan (Tipiring) diharapkan bisa mendisiplinkan pelaku wisata dan wisatawan agar taat Prokes.

Kendala yang dihadapi adalah hakim yang bertugas menjatuhkan vonis denda atau hukuman, hanya bertugas di hari kerja. Sementara rencana penindakan pelanggaran di Pangandaran dilakukan di hari Sabtu dan Minggu.

Umumnya jika pelanggaran terjadi di hari libur, maka sidang akan ditarik ke hari Senin. Tapi dalam penegakan Prokes di objek wisata hal ini dipandang kurang bijak.

Karena wisatawan datang dari berbagai kota di tanah air, sehingga harus menjalani sidang di hari Senin dianggap terlalu memberatkan, untuk perkara pelanggaran tindak pidana ringan.

"Kalau sidangnya ditarik ke hari Senin juga sulit, kan mereka wisatawan. Jadi sudah pulang ke daerah asalnya. Kan tak mungkin mereka kita tahan," kata Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata.

Namun demikian Jeje mengatakan tengah melakukan konsultasi untuk pelaksanaan sidang Tipiring di akhir pekan tersebut.

"Sedang kami konsultasikan dengan pihak pengadilan. Apakah ini masalah prinsip atau teknis, khususnya terkait tidak bisa menggelar sidang Tipiring di hari libur," kata Jeje.

Petugas Gabungan Sisir Wisatawan


Sementara itu pelanggaran protokol kesehatan khususnya penggunaan masker di kalangan wisatawan dan pelaku usaha di pantai Pangandaran masih menjadi sorotan.

Mudah dijumpai wisatawan atau pelaku wisata yang tak mengenakan masker, terutama di kawasan sekitar tepi pantai.

Di sisi lain petugas pun terus berupaya mengingatkan mereka agar paling tidak mengenakan masker.

"Kami minta kepada seluruh wisatawan, pelaku usaha maupun warga sekitar untuk tetap selalu menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Selalu memakai masker dan menghindari kerumunan. Itu semua agar kita bisa menikmati akhir pekan di pantai Pangandaran dengan nyaman, aman, dan sehat," kata Kapolsek Pangandaran Kompol Haryono, Sabtu (13/11/2021).

Haryono memimpin petugas gabungan polisi dan tentara untuk menyisir pantai mengingatkan wisatawan agar memakai masker.

"Kami tak akan bosan untuk mengingatkan Prokes, kita sisir wisatawan di pantai agar mau pakai masker," kata Haryono.

Sebelumnya Pemkab Pangandaran telah mengultimatum jika Prokes terutama penggunaan masker diabaikan, maka pihaknya akan menutup sementara objek wisata pantai Pangandaran.

"Kalau 60 persen pelaku wisata masih bandel, tak mau pakai masker. Maka tak ada pilihan lain, saya akan tutup," kata Jeje. *

Editor: A Team

Tags

Terkini

UMK Ciamis Naik 0,92 Persen Bupati Herdiat Minta Maaf

Senin, 22 November 2021 | 17:15 WIB

Welcome Home Budi Budiman !

Minggu, 7 November 2021 | 19:53 WIB

Meretas Jalan Berliku Produk UMKM Menuju Minimarket

Selasa, 2 November 2021 | 22:28 WIB

Menyerap Aspirasi Petani Bupati Ikut Tandur

Jumat, 29 Oktober 2021 | 08:28 WIB
X