• Minggu, 28 November 2021

806 Peserta Unjuk Kemampuan di MTQ Tingkat Kabupaten Ciamis

- Selasa, 23 November 2021 | 15:12 WIB
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 44 Tingkat Kabupaten Ciamis di Gedung Islamic Center Kabupaten Ciamis, Selasa 23 November 2021.  (Prokopim Setda Ciamis)
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 44 Tingkat Kabupaten Ciamis di Gedung Islamic Center Kabupaten Ciamis, Selasa 23 November 2021. (Prokopim Setda Ciamis)

TINTAPUTIH - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 44 Tingkat Kabupaten Ciamis di Gedung Islamic Center Kabupaten Ciamis, Selasa 23 November 2021. Tercatat ada 806 peserta yang terdiri dari 405 putra 401 putri dari 27 Kecamatan di Ciamis akan berkompetisi dalam 23 cabang lomba MTQ ini. 

Bupati Herdiat berharap prestas qori dan qoriah Ciamis terus ditingkatkan. Untuk memberi motivasi Pemda juga mengaku siap memberikan hadiah bagi mereka yang berprestasi. Dia mengungkapkan, prestasi kafilah Ciamis pada MTQ ke-XXXVI tingkat Provinsi Jawa Barat di Subang tahun 2020 lalu mengalami peningkatan yang signifikan. 
"Sebelumnya kita berada di peringkat 20, pada MTQ Tingkat Provinsi Subang tahun 2020 peringkatnya naik menjadi ke-9 se-Jawa Barat," ungkap Herdiat. 

Selain MTQ peringkat STQH Ciamis pun masuk ke peringkat 6 di Jabar. "Mudah mudahan pada MTQ tingkat provinsi mendatang akan lebih baik," imbuh Herdiat.

Baca Juga: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya Tegaskan BPD Bukan Pesaing Pemerintah Desa

Lebih lanjut Bupati Herdiat juga menyatakan kesiapan jika Ciamis ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat. "Ciamis sudah 30 tahun lebih tidak menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi. Ke depan upayakan MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat digelar di Ciamis agar syiar Islam-nya menggema di Ciamis," kata Herdiat.

Disamping itu Herdiat juga menjanjikan hadiah naik haji bagi merek ayang berprestasi di tingkat nasional.
"Tahun kemarin naik haji, tahun sekarang pun diusahakan lebih baik. Mudah mudahan tahun ini lebih dari 9 orang yang diberangkatkan haji," harapnya.

Motivasi tersebut ia berikan karena Kabupaten Ciamis memiliki banyak ponpes Al Quran yang santrinya datang dari berbagai daerah. 
"Sudah sepantasnya Ciamis sebagainya gudangnya qori dan qoriah serta mendapat perhatian khusus termasuk reward bagi yang berprestasi," tutur Herdiat.

Baca Juga: Seorang Guru MTs Harapan Baru Ciamis Ditetapkan Tersangka Kasus Tewasnya 11 Siswa Saat Susur Sungai

Pelaksanaan MTQ kali ini mengangkat tema 'melandaskan spirit qurani dalam rangka mewujudkan sejahtera untuk semua'. 
Kegiatan yang digelar dua tahun sekali tersebut digelar dari tanggal 23-26 November 2021.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Terkini

UMK Ciamis Naik 0,92 Persen Bupati Herdiat Minta Maaf

Senin, 22 November 2021 | 17:15 WIB

Welcome Home Budi Budiman !

Minggu, 7 November 2021 | 19:53 WIB

Meretas Jalan Berliku Produk UMKM Menuju Minimarket

Selasa, 2 November 2021 | 22:28 WIB

Menyerap Aspirasi Petani Bupati Ikut Tandur

Jumat, 29 Oktober 2021 | 08:28 WIB
X