• Minggu, 28 November 2021

Kabupaten Pangandaran Belum Memiliki Badan Promosi Pariwisata Daerah

- Kamis, 25 November 2021 | 12:06 WIB
Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin. (Faizal Amiruddin)
Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin. (Faizal Amiruddin)

TINTAPUTIH – Sebagai daerah tujuan wisata paling favorit di Jawa Barat, Kabupaten Pangandaran hingga saat ini belum memiliki badan promosi pariwisata daerah (BPPD). Padahal badan khusus tersebut memiliki peran strategis untuk kemajuan dunia pariwisata di Kabupaten Pangandaran, agar visi mewujudkan Pangandaran sebagai destinasi wisata kelas dunia bisa segera tercapai.

Terkait hal tersebut Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran mendorong pihak terkait agar segeram membentuk BPPD di Kabupaten Pangandaran. Wakil rakyat di parlemen Pangandaran itu menilai badan promosi pariwisata harus menjadi prioritas agar akselerasi pembangunan pariwisata bisa berjalan baik.

Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin mengatakan, secara prinsip pembentukan badan promosi pariwisata daerah di Pangandaran sudah tak ada lagi kendala. Semuanya tinggal dibentuk dan dimusyawarahkan.

Baca Juga: Motivasi Petani Padi, Anggota DPRD Kabupaten Pangandaran Bagikan Topi Caping

Asep mengatakan Kabupaten Pangandaran memiliki Peraturan Daerah No 14 Tahun 2015 tentang penyelenggara kepariwisataan. Di dalamnya diatur tentang pembentukan badan promosi pariwisata. "Agar promosi pariwisata di Kabupaten Pangandaran memiliki konsep jelas dan terarah, makanya perlu sebuah badan yang khusus menangani promosi,” ujar Asep, Kamis 25 November 2021.

Asep menjelaskan Kabupaten Pangandaran sudah layak dan sangat memerlukan sebuah badan promosi. Apalagi jika melihat jumlah destinasi yang begitu banyak dan penataannya yang sudah bagus. "Kita ini daerah wisata, destinasi banyak, potensi banyak, sehingga perlu badan promosi," kata Asep.

Lebih lanjut Asep juga menyinggung mengenai Perpres 87 tahun 2021 tentang Pembangunan Jabar Selatan, termasuk di dalamnya Kabupaten Pangandaran.
Dalam aturan rencana induk pembangunan tersebut, akan banyak sekali pembangunan yang dilakukan di wilayah Kabupaten Pangandaran termasuk salah satunya membangun sektor pariwisata. "Jadi penataan pariwisatanya berjalan baik dan promosinya juga baik,” jelasnya.

Asep menekankan agar BPPD Kabupaten Pangandaran harus sudah terbentuk di tahun 2022 mendatang, sehingga upaya pembangunan pariwisata bisa berjalan dengan maksimal di berbagai sektor, termasuk diantaranya upaya promosi.***

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMK Ciamis Naik 0,92 Persen Bupati Herdiat Minta Maaf

Senin, 22 November 2021 | 17:15 WIB

Welcome Home Budi Budiman !

Minggu, 7 November 2021 | 19:53 WIB

Meretas Jalan Berliku Produk UMKM Menuju Minimarket

Selasa, 2 November 2021 | 22:28 WIB

Menyerap Aspirasi Petani Bupati Ikut Tandur

Jumat, 29 Oktober 2021 | 08:28 WIB
X