• Rabu, 26 Januari 2022

Pedagang Mempertanyakan Janji Pemerintah Revitalisasi Pasar Pananjung Pangandaran

- Jumat, 26 November 2021 | 23:21 WIB
Salah satu sudut jalan pasar Pananjung Pangandaran rusak. (Faizal Amiruddin)
Salah satu sudut jalan pasar Pananjung Pangandaran rusak. (Faizal Amiruddin)

TINTAPUTIH - Sejumlah pedagang dan konsumen pasar Pananjung Kabupaten Pangandaran mempertanyakan rencana pembangunan pasar. Mereka menagih janji Pemerintah Kabupaten Pangandaran yang hendak melakukan revitalisasi bangunan pasar tradisional tersebut. Apalagi janji pembangunan itu sebelumnya sudah digembor-gemborkan kepada pedagang.

Bahkan pada medio tahun 2021 lalu, Pemerintah Kabupaten Pangandaran telah merencanakan relokasi sementara pedagang pasar ke daerah Desa Wonoharjo. Namun janji tersebut tak terbukti. "Tidak tahu, tidak ada kabar lagi. Katanya tahun 2021 mau dipindah sementara ke Wonoharjo, terus tahun 2022 pasar mau dibangun. Tapi sampai sekarang tahun 2021 sudah mau habis, tidak ada kabar lagi," kata salah seorang pedagang makanan, Jumat 26 November 2021.

Pedagang yang tak mau menyebutkan namanya itu, mengaku tak tahu apa yang terjadi dengan janji Pemerintah Kabupaten Pangandaran tersebut, pasalnya pihaknya mengaku tidak menerima kabar lanjutan atau sosialisasi dari pihak pemerintah. "Nggak jelas, tak tahu kenapa," katanya.

Baca Juga: Lapang Wonoharjo Akan Dijadikan Pasar Sementara

Sementara itu pantauan tintaputih.net, kondisi pasar tradisional yang menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat itu tampak sudah kumuh. Kondisi kios mayoritas sudah usang, bentangan terpal peneduh berseliweran tak beraturan. Pedagang sudah tak memerdulikan keindahan, karena memasang terpal peneduh jauh lebih penting untuk mengurangi paparan sinar matahari.

Ironisnya situasi itu diperparah pula dengan kondisi jalan yang rusak. Curah hujan tinggi membuat jalan laksana kubangan. Kondisi becek dengan genangan lumpur, mudah dijumpai di mayoritas jalanan pasar Pananjung. "Padahal mah, kalau pun nggak jadi dibangun. Minimal jalannya dulu diperbaiki, biar sedikit nyaman. Minimal tidak rarujit seperti ini," kata Ny. Papat, pengunjung pasar warga Desa Babakan.

Sejauh ini belum diperoleh keterangan dari Pihak Pemkab Pangandaran atau dinas terkait kejelasan rencana relokasi sementara pedagang dan pembangunan pasar Pananjung Pangandaran.***

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mandat Masker di Negara Bagian New York Dicabut

Selasa, 25 Januari 2022 | 12:09 WIB

Fokus Rekrut PPPK, Tak Ada Seleksi CPNS di Tahun 2022

Sabtu, 22 Januari 2022 | 19:23 WIB

DPR Mulai Pembahasan Jadwal Pemilu 2024

Senin, 17 Januari 2022 | 20:16 WIB
X