• Kamis, 7 Juli 2022

Kembalikan Kejayaan Kabupaten Ciamis Sebagai Sentra Perikanan

- Minggu, 19 Desember 2021 | 11:28 WIB
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat menghadiri Expo PPC.
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat menghadiri Expo PPC.

TINTAPUTIH - Berusaha mengembalikan ikon Tatar Galuh sebagai sentra usaha budidaya perikanan, pembudidaya Perikanan Ciamis (PPC) memanfaatkan momentum Milad ke 2 dengan menggelar Expo PPC di Alun-alun Kecamatan Kawali pada Sabtu 18 Desember 2021.

Sejumlah komoditas perikanan mulai gurame soang, nila, koi hingga beragam produk olahan berbahan baku ikan turut dipamerkan pada kegiatan yang mendapat perhatian dan dukungan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Pemerintah Kabupaten Ciamis tersebut.

Malah KKP melalui Balai Pemuliaan Ikan Sukamandi siap memfasilitasi pemuliaan gurame soang menjadi ikan khas Ciamis seperti yang diusulkan PPC.

Tebar benih ikan gurame soang turut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan KKP sebagai salah satu ikhtiar dalam mengembalikan ikon Ciamis sebagai sentra budidaya ikan gurame soang.

Baca Juga: Universitas Perjuangan Tasikmalaya Dorong Optimalisasi Pemanfaatan Teh Pegagan 

"Alhamdulillah, misi besar PPC dalam mematenkan ikan gurame soang mendapat dukungan banyak pihak. Bila sudah terlegitimasi tentu akan jadi energi positif bagi kami untuk berusaha mendorong geliat ekonomi para pembudidaya ikan di Ciamis," ujar Ketua PPC Hendar Suhendar.

Hendar juga berterima kasih pada KKP, Bupati Ciamis, Kadis Perikanan, para pengurus PPC dan stakeholder lain yang menunjukan komitmen kuat dalam mendukung kemajuan usaha budidaya perikanan di tatar Galuh.

Melihat antusiasme dan dorongan besar dari stakehokder, Hendar juga menargetkan Expo PPC akan digelar secara rutin setiap tahun.

"Expo ini akan jadi media promo produk yang dihasilkan anggota PPC. Kita upayakan rutin digelar saban tahun," ujar dia.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-Siap Tes P3K Akan Digelar Lagi Tahun Ini

Kamis, 30 Juni 2022 | 21:36 WIB
X