• Senin, 4 Juli 2022

Dedi Mulyadi Imbau Desa Membuat Aturan untuk Menjaga Lingkungan

- Kamis, 23 Desember 2021 | 12:19 WIB
Dedi Mulyadi (Youtube/@KANG DEDI MULYADI CHANNEL)
Dedi Mulyadi (Youtube/@KANG DEDI MULYADI CHANNEL)

TINTAPUTIH - Wakil Ketua Komisi IV Dedi Mulyadi mengatakan desa harus menjadi kekuatan penjaga lingkungan. Salah satu caranya, setiap desa harus membuat peraturan desa (Perdes) tentang menjaga kawasan hutan lindung.

"Para kepala desa, harus membuat Perdes tata ruang, desa dijaga. Dipetakan, mana kawasan lindung, mana ruang publik. Termasuk untuk daerahnya yang masih punya kawasan bambu, jaga. Agar jangan dihancurkan," kata Dedi saat menggelar reses, Kamis (23/12/2021) di gedung Jenaka, Purwakarta.

Hadir dalam kesempatan itu para kepala desa di Kabupaten Purwakarta. Kalau desa dibiarkan begitu saja, kata Dedi, ke depan kawasan desa tak teratur atau berantakan. 

Namun kalau kawasan lingkungan dijaga, hutan dijaga, kawasan bambu dijaga, maka secara umum daerah itu akan baik kondisi lingkungannya.

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Pranowo Tinggi Karena Dianggap Identik dengan Jokowi

"Nanti di desa akan terlihat, berapa luas hutan, berapa lawasan perumahan dan lainnya," kata Dedi.

Hal yang tak kalah penting, kata Dedi, desa yang memiliki mata air atau daerahnya menjadi sumber air untuk PDAM, harus dijaga.

Daerah itu harus di indungi agar kelangsungan kehidupan terjaga. "Tolong sekali daerah Bojong yang banyak mata air dan juga kawasan sumber mata air, harus dijaga. Harus diberi insentif, apakah pajak tanahnya dibebaskan atau lainnya," kata Dedi.

Dengan demikian pemilik tanahnya, akan mempertahankan sumber air. Dia memberikan contoh desa di Bali yang sangat bagus. Kawasannya dibangun dari bambu. Kini jadi wisata menarik. Kondisi itu bisa dibangun di Purwakarta, karena banyak daerah yang memiliki bambu.***

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-Siap Tes P3K Akan Digelar Lagi Tahun Ini

Kamis, 30 Juni 2022 | 21:36 WIB
X