• Senin, 4 Juli 2022

11 Orang Patriot Desa Diterjunkan Dongkrak Kemandirian Desa

- Kamis, 20 Januari 2022 | 08:31 WIB
Workshop Program Patriot Desa Tahun 2022 di sekretariat Patriot Desa Jalan Raya Samarang No.108  Kabupaten Garut. (Ai Karnengsih)
Workshop Program Patriot Desa Tahun 2022 di sekretariat Patriot Desa Jalan Raya Samarang No.108 Kabupaten Garut. (Ai Karnengsih)

TINTAPUTIH - Sebanyak 11 Patriot Desa diterjunkan di  5 Kecamatan yang ada di Kabupaten Garut. Mereka disebar di berbagai wilayah, yakni sebanyak  4 Patriot Desa di Desa Berkembang, 5 Patriot Desa di Desa Maju dan 2 Patriot Desa di Desa Mandiri.

Demikian diungkapkan Kabid Kelembagaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Garut Asep Jawahir dan staf senior pemberdayaan masyarakat desa (SSPMD) Kabupaten Garut Yudi Kurnia saat acara Workshop Program Patriot Desa Tahun 2022 di sekretariat Patriot Desa Jalan Raya Samarang No.108 Garut, Rabu 19 Januari 2022.

Patriot Desa terangnya merupakan salah satu program unggulan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat untuk mewujudkan visi Jawa Barat juara lahir batin.

Program ini fokus pada peran pemuda sebagai komunikator, integrator dan akselerator yang mendukung penggerak lokal desa, agar mampu mengelola berbagai potensi yang ada di desa, dalam dimensi sosial ekonomi dan lingkungan.

"Patriot Desa yang bertugas di desa tertinggal atau berkembang, menumbuhkan, mengelola dan mengembangkan inisiatif mandiri penggerak lokal untuk desa sendiri," kata Asep.

Baca Juga: Investasi Skema Ponzi Tipu 300 Warga Tasikmalaya, Total Kerugian Rp 5,7 Miliar

Sementara patriot desa yang bertugas di desa maju atau desa mandiri menumbuhkan mengelola dan mengembangkan inisiatif mandiri bersama untuk desa sendiri.

Menemukan inisiatif yang sudah ada yang dapat menjadi ruang belajar dan membuka akses bagi desa-desa dengan strata IDM (Indeks Desa Membangun) tertinggal dan berkembang.

Diungkapkan Asep Jawahir, kehadiran Patriot Desa di Kabupaten Garut sudah sejak tahun 2019 dan membawa perubahan signifikan bagi kemajuan Kabupaten Garut.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-Siap Tes P3K Akan Digelar Lagi Tahun Ini

Kamis, 30 Juni 2022 | 21:36 WIB
X