• Minggu, 22 Mei 2022

Rambu Petunjuk Jalur Evakuasi Tsunami di Pangandaran Dijadikan Tiang Jemuran

- Senin, 24 Januari 2022 | 13:19 WIB
Salahsatu rambu petunjuk arah evakuasi tsunami di Pangandaran. (TITNTAPUTIH)
Salahsatu rambu petunjuk arah evakuasi tsunami di Pangandaran. (TITNTAPUTIH)

TINTAPUTIH - Kabupaten Pangandaran memiliki panjang pantai hingga 91 Kilometer jauhnya dan rawan terjadi bencana tsunami.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran harus melakukan mitigasi benca sejak dini, sebagai bentuk antisipasi.

Salah satunya dengan memasang rambu-rambu petunjuk arah evakuasi tsunami di sepanjang pantai. Namun hingga saat ini, hanya sebian garis pantai yang baru terpasang.

Baca Juga: Savefrom TikTok Downloader - Cara Download Video TikTok Tanpa Ada Tulisan 'TikTok' Dengan Kualitas HD

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Pangandaran Adang Ismail mengatakan, saat ini Pangandaran memerlukan 468 rambu petunjuk arah evakuasi Tsunami, untuk dipasang di sepanjang pantai."Awalnya yang terpasang baru 148 rambu,namun saat ini yang masih bertahan tinggal 120 rambu," jelasnya Senin (24/1).

Sebagian lagi, kata dia, sudah mengalami Kerusakan, dicabut masyarakat, bahkan ada yang dijadikan tiang jemuran."Itu tanpa sepengetahuan kami, tahu-tahu sudah dicabut saja," terangnya.

Tahun ini rencanannya akan dipasang tambahan rambu sebanyak 50 buah, yang anggaranya bersumber dari APBD tahun 2022."Biasanya kami pesan ke provinsi, tapi ada juga yang dibuat disini," ucapnya.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aries Hari Ini Senin, 24 Januari 2022: Kehidupan, Cinta, Keuangan dan Karir

Untuk membuat satu buah rambu, menurutnya, membutuhkan biaya sampai Rp 600 ribu. Jika dikalikan 50 berarti akan menghabiskan biaya hingga Rp 30 juta."Tahun kemarin kita kekurangan anggaran karena refocusing, jadi tidak ada pengadaan rambu," bebernya.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPDB 2022 Jawa Barat Jadi 83 Zonasi

Rabu, 18 Mei 2022 | 09:23 WIB

Elon Musk Akan Kunjungi Indonesia Tahun Ini

Minggu, 15 Mei 2022 | 20:51 WIB
X