• Senin, 4 Juli 2022

YLKI Kritisi Strategi Pemerintah Terkait Harga Minyak Goreng

- Senin, 24 Januari 2022 | 16:49 WIB
YLKI kritisi kebijakan pemerintah terkait harga minyak goreng. (Ilustrasi)
YLKI kritisi kebijakan pemerintah terkait harga minyak goreng. (Ilustrasi)

TINTAPUTIH - Upaya pemerintah untuk menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp 14 ribu per liter masih menemui banyak kendala. 

Kebijakan penjualan minyak goreng di toko modern dan mini market di harga Rp 14 ribu tersebut, ternyata belum sepenuhnya berhasil.

Masyarakat atau konsumen sering kehabisan, karena stok terbatas dan adanya panic buying.

"Terjadinya perilaku panic buying oleh konsumen dalam membeli minyak goreng, merupakan bentuk kesalahan strategi marketing pemerintah dalam membuat kebijakan publik. Dan kegagalan pemerintah dalam membaca perilaku konsumen Indonesia," kata Ketua Umum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi, Senin 24 Januari 2022.

Tulus menambahkan dari sisi konsumen, perilaku panic buying juga merupakan fenomena yang anomali dan cenderung sikap yang egoistik. Hanya mementingkan kepentingan sendiri.

"Terkait hal ini, menurut keterangan Aprindo, stok minyak satu harga makin menipis. Seharusnya pemerintah membatasi pembelian, misalnya konsumen hanya boleh membeli 1 bungkus/satu liter saja," kata Tulus.

Baca Juga: Rambu Petunjuk Jalur Evakuasi Tsunami di Pangandaran Dijadikan Tiang Jemuran

YLKI lanjut Tulus menduga intervensi pemerintah dalam harga minyak goreng tidak akan efektif, sebab salah strategi. Tidak menukik pada hulu persoalan yang sebenarnya, yakni adanya dugaan kartel di pasar minyak goreng.

"YLKI mendesak pemerintah utk membuat DMO (Domestic Market Obligation) dan caping harga utk kebutuhan CPO domestik dan kepentingan nasional. Jangan sampai CPO yang kita hasilkan hanya utk jor-joran kebutuhan ekspor, sedangkan kebutuhan dalam negeri berantakan," kata Tulus.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-Siap Tes P3K Akan Digelar Lagi Tahun Ini

Kamis, 30 Juni 2022 | 21:36 WIB
X