• Selasa, 9 Agustus 2022

Manisnya Manggis Purwakarta Diekspor ke China

- Senin, 7 Februari 2022 | 21:45 WIB
Manggis Purwakarta diekspor ke China.
Manggis Purwakarta diekspor ke China.

TINTAPUTIH - Buah manggis menjadi produk perkebunan khas Kabupaten Purwakarta yang sangat menjanjikan dari sisi ekonomi. Bahkan, buah yang punya ciri khas warna kulit merah keunguan itu, kini memiliki daya saing secara global.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada agenda Pelepasan Ekspor Manggis ke Guangzhou, Shanghai, China di Desa Situ, Kecamatan Pondoksalam, Senin 07 Februari 2022.

Dalam agenda tersebut juga nampak hadir Direktorat Jenderal Hortikultura pada Kementerian Pertanian Republik Indonesia Prihasto Setyanto.

"Alhamdulillah, komoditi unggulan khas Purwakarta saat ini bisa menembus pasar internasional. Ini menjadi angin segar bagi kami. Sejauh ini, kami ekspor ke beberapa negara ASEAN, salah satunya China," kata Ambu Anne.

Menurutnya, melalui dinas terkait hingga kini pihaknya terus mendorong supaya produktivitas perkebunan manggis ini terus meningkat, baik dari sisi kualitas maupun kuantitasnya.

Untuk perkuat kualitas, salah satu upayanya yakni dengan memberikan bimbingan mengenai Good Agricultural Practice (GAP) dan Standard Operational Procedure (SOP) kepada para petani.

"Dari sisi kuantitas sendiri, kami terus mendorong bagaimana supaya produktivitasnya terus meningkat. Sehingga, kebutuhan domestik maupun ekspor bisa tetap terpenuhi," kata Ambu Anne.

Baca Juga: Isra Mi'raj Menjadi Peristiwa Penting dalam Islam Berikut Arti, Kisah dan Hikmahnya

Dalam hal ini, lanjut Ambu Anne, pihaknya selalu disupport oleh Kementerian Pertanian. "Ada 158 ribu pohon dan sudah teregistrasi 96 persen. Artinya, itu memenuhi untuk ekspor dan kemudian kita terus melakukan sosialisasi pembinaan kemudian juga kepada para petani itu karena mereka juga perlu adanya pendampingan kaitan dengan perubahan iklim ini mereka harus beradaptasi," kata Ambu Anne.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Desa Cijulang, Tahun Lahir, Asal-Usul

Selasa, 2 Agustus 2022 | 23:00 WIB

Penyertaan Modal BUMD di Tahun 2023

Minggu, 31 Juli 2022 | 19:58 WIB

Tagar @BlokirKominfo Menggelegar di Twitter

Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:59 WIB

Odong-Odong Dilarang Berkeliaran di Jalan Raya

Jumat, 29 Juli 2022 | 14:06 WIB

KUA PPAS 2023 Masih Dibahas DPRD

Jumat, 29 Juli 2022 | 12:49 WIB
X