• Minggu, 3 Juli 2022

Dianggap Ekstremis, Alasan Ustadz Abdul Somad Dideportasi Pemerintah Singapura

- Rabu, 18 Mei 2022 | 06:39 WIB
Ustadz Abdul Somad saat ditahan di ruangan Imigrasi Singapura
Ustadz Abdul Somad saat ditahan di ruangan Imigrasi Singapura

TINTAPUTIH - Kemnetrian Dalam Negeri Singapura akhirnya buka suara soal deportasi Ustadz Abdul Somad dari negara tersebut, pada hari Senin (16/5) kemarin.

Dilansir dari Antaranews.com, Singapura melarang masuk Abdul Somad Batubara ke wilayah kedaulatannya, salah satunya karena ustadz asal Indonesia itu dianggap menyebarkan ajaran ekstremis dan perpecahan.

“Somad dikenal menyebarkan ajaran ekstremis dan perpecahan, yang tidak dapat diterima di masyarakat multiras dan multiagama Singapura,” kata Kementerian Dalam Negeri Singapura dalam keterangan tertulis, menanggapi Nota Diplomatik yang dilayangkan Kementerian Luar Negeri RI terkait penolakan masuk Abdul Somad pada Selasa (17/5).

Baca Juga: Fadli Zon : Apa yang Dilakukan Singapura Terhadap UAS adalah Penghinaan

Dalam pernyataan tersebut dijelaskan contoh bahwa Somad telah mengkhotbahkan bahwa bom bunuh diri adalah sah dalam konteks konflik Israel-Palestina, dan dianggap sebagai operasi “syahid”.

“Dia juga membuat komentar yang merendahkan anggota komunitas agama lain, seperti Kristen, dengan menggambarkan salib Kristen sebagai tempat tinggal ‘jin (roh/setan) kafir’. Selain itu, Somad secara terbuka menyebut non Muslim sebagai kafir,” ujarnya.

Pemerintah Singapura mengatakan bahwa Warga Negara Asing (WNA) tidak bisa secara otomatis bisa masuk ke negara Singapura. Dimana setiap orang akan dilihat kepantaaanya masing-masing, secara kasus per kasus.

Baca Juga: Ustadz Abdul Somad Pernah Dituduh Teroris! Saat Masuk ke Timor Leste

“Sementara Somad berusaha memasuki Singapura dengan berpura-pura untuk kunjungan sosial, pemerintah Singapura memandang serius siapa pun yang menganjurkan kekerasan dan atau mendukung ajaran ekstremis dan perpecahan. Somad dan teman perjalanannya ditolak masuk ke Singapura,” katanya.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-Siap Tes P3K Akan Digelar Lagi Tahun Ini

Kamis, 30 Juni 2022 | 21:36 WIB
X