• Jumat, 1 Juli 2022

Kuota Haji Hanya Untuk yang Belum Pernah Menunaikan Haji

- Kamis, 19 Mei 2022 | 21:11 WIB
Ketua IPHI Jawa Barat Ijang Faisal
Ketua IPHI Jawa Barat Ijang Faisal

TINTAPUTIH - Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (lPHI) Provinsi Jawa Barat, H. Ijang Faisal meminta pemerintah untuk menetapkan kuota haji pada musim haji tahun-tahun ke depan hanya bagi warga negara yang belum pernah melaksanakan haji saja. Demikian disampaikan Ijang dalam keterangan tertulisnya yang diterima tintaputih.net, Kamis (20/5/2022).

Kebijakan pembatasan kuota haji hanya untuk yang belum berhaji perlu ditetapkan mengingat rata-rata masa tunggu antrean jemaah haji Indonesia saat ini adalah 22 tahun.

Wilayah asal jemaah haji dengan antrean tersingkat adalah Kabupaten Maybrat, Papua Barat, dengan masa tunggu 9 tahun.

Baca Juga: Duta Baca Pangandaran Aldi Nur Fadilah Bagikan 5 Tips Anti Ngantuk Membaca Buku Berjam-jam

"Sehingga kalau tidak ada pembatasan maka keadilan yang merupakan kewajiban negara tak dapat tertunaikan dengan baik," tambah ijang.

Indonesia menjadi negara yang spesial pada ritual ibadah haji di Arab Saudi. Tercatat, Indonesia menjadi negara dengan kuota terbanyak dibanding negara-negara lain di luar Arab Saudi.

Kuota haji Indonesia sebelum Covid-19 berjumlah sebanyak 218.150 orang jemaah, sedangkan kuota haji tahun 2022 pasca meredanya Covid-19 tercatat sebanyak 100.051 jemaah.

Baca Juga: Tiket Film KKN di Desa Penari Ludes Dalam Hitungan Menit, Penonton Rela Menunggu Dua Hari

'Kalau kita bandingkan dengan negara Islam lainnya, Indonesia belum telat kalau menerapkan kebijakan kuota haji hanya untuk warga negara yang belum haji, sepeti Uni Emirat Arab (UEA) yang sudah duluan memutuskan bahwa kuota haji hanya untuk yang belum berhaji," tutur Ijang.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-Siap Tes P3K Akan Digelar Lagi Tahun Ini

Kamis, 30 Juni 2022 | 21:36 WIB

Desa Wisata Tidak Melulu Soal Objek Wisata Alam

Senin, 27 Juni 2022 | 11:19 WIB
X