• Kamis, 18 Agustus 2022

Patriot Desa dan BPBD Kabupaten Garut Bentuk Desa Siaga Bencana

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 18:58 WIB
Patriot Desa dan BPBD Kabupaten Garut Bentuk Desa Siaga Bencana
Patriot Desa dan BPBD Kabupaten Garut Bentuk Desa Siaga Bencana

TINTAPUTIH - Sebanyak 11 Patriot Desa di Kabupaten Garut mengadakan kolaborasi dan diskusi bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD ) Kabupaten Garut terkait pengenalan program masing -masing dan diskusi tentang pembentukan desa siaga bencana.

Acara yang digelar di Kantor BPBD Kabupaten Garut, Jalan Terusan Pahlawan No 66, Sukagalih Kabupaten Garut dihadiri Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Satria Budi, Staf Senior Pemberdayaan Masyarakat Desa (SSPMD) Yudi Kurnia dan seluruh patriot desa kabupaten Garut.

Staf Senior Pemberdayaan Masyarakat Desa (SSPMD) Kabupaten Garut, Yudi Kurnia menyampaikan harapan patriot desa ke depan atas kolaborasi dengan BPBD Garut dapat mewujudkan desa siaga bencana melalui peningkatan kapasitas kelompok masyarakat di desa desa mulai dari bagaimana cara mencegah dan menanggulangi bencana baik secara mandiri maupun kolaborasi dengan pihak lain.

Baca Juga: The Washington Post Soroti Hilangnya Anak Ridwan Kamil,Emmeril Khan Mumtadz

Patriot desa terang Yudi Kurnia mempunyai misi menumbuhkan dan mendampingi para penggerak lokal dalam pemberdayaan masyarakat dibidang sosial, ekonomi dan lingkungan.

"Dibidang lingkungan sendiri dikarenakan kabupaten garut memiliki kerawanan bencana cukup tinggi maka kami fokus pada pembentukan desa siaga bencana," Jelas Yudi usai mengadakan diskusi dengan BPBD Kabupaten Garut, Jum'at 27 Mei 2022.

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Satria Budi mengapresiasi dan sangat mendukung program pembentukan desa siaga bencana oleh Patriot Desa di Kabupaten Garut.

Satria Budi menyampaikan harapannya ke depan program ini bisa terus berkelanjutan tidak hanya bagi desa yang ada Patriot desanya saja namun berkelanjutan bagi desa yang lainnya.

"Ke depan secara bersama -sama bisa memetakan wilayah-wilayah yang rawan bencana untuk mewujudkan kemandirian desa dalam mitigasi bencana," kata Satria.***

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Desa Cijulang, Tahun Lahir, Asal-Usul

Selasa, 2 Agustus 2022 | 23:00 WIB

Penyertaan Modal BUMD di Tahun 2023

Minggu, 31 Juli 2022 | 19:58 WIB

Tagar @BlokirKominfo Menggelegar di Twitter

Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:59 WIB
X