• Minggu, 3 Juli 2022

Mulai Tahun Depan NIK AKan Digunakan NPWP, Mempermudah Bayar Pajak?

- Senin, 13 Juni 2022 | 14:30 WIB
Saat ini mengurus pajak semakin mudah dengan NIK sebagai NPWP karena akan menjadi single data. (DJP Banten)
Saat ini mengurus pajak semakin mudah dengan NIK sebagai NPWP karena akan menjadi single data. (DJP Banten)

TINTAPUTIH - Mempermudah realisasi pembayaran pajak, Direktorat Pajak (DJP) menyampaikan bahwa Nomor Induk Keluarga (NIK) akan digunakan sebagai Nomor Wajib Pajak (NPWP).

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Neilmaldrin Noor mengatakan, memanfaatkan NIK sebagai NPWP merupakan upaya mempermudah pemenuhan hak pajak dan kewajiban perpajakan.

“Contohnya, kalau sebelumnya harus repot memiliki dua kartu identitas, nanti cukup satu, KTP (Kartu Tanda Penduduk) saja. Tidak perlu repot mendaftar NPWP lagi,” kata Neil Dikutip dari PMJ News, Senin (13/6/2022).

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cancer Senin 13 Juni 2022: Bila Ditinggal Pergi, Sabar Karena Jodoh Pasti Bertemu

Masyarakat perlu memahami bahwa penggunaan NIK sebagai NPWP tidak lantas membuat semua yang ber-NIK harus membayar pajak. Pemilik NIK yang wajib membayar pajak adalah yang NIK-nya sudah diaktivasi.

NIK baru diaktivasi jika pemilik NIK sudah memenuhi syarat subjektif dan objektif, yaitu sudah berusia 18 tahun dan memiliki penghasilan di atas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) yaitu Rp54 juta setahun untuk status belum menikah dan tidak ada tanggungan (TK/0) atau omzet di atas Rp500 juta setahun khusus untuk wajib pajak orang pribadi usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM).

“Konteks penggunaan NIK sebagai NPWP adalah kemudahan dan kesederhanaan administrasi, serta mendukung kebijakan satu data Indonesia, bukan pengenaan pajak kepada semua orang yang memiliki NIK,” jelas Neil.

Baca Juga: Setelah McDonald's Hengkang dari Rusia, Kini Muncul Vkusno & tochka

Terkait waktu pelaksanaannya, Neil mengatakan, mulai tahun depan bersamaan dengan implementasi sistem inti administrasi perpajakan (Coretax system) di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan melaksanakannya.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-Siap Tes P3K Akan Digelar Lagi Tahun Ini

Kamis, 30 Juni 2022 | 21:36 WIB
X