• Minggu, 3 Juli 2022

Bawaslu Pangandaran Mulai Atur Strategi Antisipasi Pelanggaran Jelang Pemilu 2024

- Kamis, 16 Juni 2022 | 17:25 WIB
Logo Bawaslu  (Facebook Bawaslu RI)
Logo Bawaslu (Facebook Bawaslu RI)

TINTAPUTIH - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran mulai menjalankan fungsi kepengawasan pada tahapan Pemilu 2024.

Tahapan Pemilu 2024 mulai dilaksanakan pada Selasa, 14 April 2022. Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran, Iwan Yudiawan menyampaikan kesiapannya dalam pelaksanaan pengawasan.

"Kita evaluasi dan melakukan peningkatan kapasitas pada kelembagaan Bawaslu Pangandaran. Atur strategi untuk mengingat pelanggaran yang terjadi setiap Pemilu," kata Iwan. Rabu (15/6/2022).

Baca Juga: LIVE Persebaya vs Persib, Laga Sengit Grup C yang Sama-sama Baru Punya Poin 1, Ini Klasemen Sementara

Menurutnya potensi pelanggaran yang akan terjadi akan diminimalisir dengan memulai koordinasi dengaan Pemda, SKPD, dan lembaga lain. "Butuh mitra lebih banyak sebagai partisipan pengawasan kecurangan dan demokrasi saat Pemilu. Terutama terkait money politik," ucapnya.

Iwan mengatakan dengan meminimalisir pelanggaran yang terjadi bisa menjadikan demokratisasi Pemilu 2024 yang lebiuh baik dari sebelumnya.

Dia mengatakan pada Pemilu 2019 beragam pelanggaran sangat bervariatif. Dari mulai temua pelanggaran administratif, penyelngar AdHoc, dan temuan saat proses pemutakhiran data pemilih.

Baca Juga: Kasus Subang: Ada yang Kebakaran Jenggot Ungkapan Terbaru Barang Bukti

"Pada Pemilu saat itu ada temuan Warga Negara Asing (WNA) masuk DPT dan anak dibawah umur berusia 13 tahun ikut memilih, padahl tidak berhak," katanya.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-Siap Tes P3K Akan Digelar Lagi Tahun Ini

Kamis, 30 Juni 2022 | 21:36 WIB
X