• Minggu, 3 Juli 2022

Kuota Rutilahu Kabupaten Pangandaran Sebanyak 125 Rumah

- Selasa, 21 Juni 2022 | 11:02 WIB
Salah satu kondisi Rutilahu di Cijulang
Salah satu kondisi Rutilahu di Cijulang

TINTAPUTIH - Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menegaskan bahwa kuota Bantuan Rumah Tak Layak Huni (Rutilahu), sebanyak 125 rumah.

Menurut Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pangandaran Wawan Kustaman mengatakan saat ini yang sudah terealisasi sebanyak 77 rumah."Kalau Ritilahu berdasarkan usulan dari tiap desa," katanya.

Menurutnya, tidak ada jatah tiap desa, yang ada hanya kuota se-Kabupaten Pangandaran."Sebenarnya tidak ada, kalau di jatah tiap desa tiga misalkan, kasian nanti kalau ada yang butuh, malah tidak terdaftara karena sudah penuh," terangnya.

Baca Juga: DPD PAN Pangandaran Targetkan Raih 8 Kursi di DPRD

"Kalau ada usulan warga, terus disurvey nantinya, layak atau tidak dapat bantuan, jadi bukan langsung ditunjuk," jelasnya.

Wawan mengatakan, salah satu syarat yang paling penting untuk penerima bantuan Rutilahu tersebut, rumah yang didiami harus berdiri diatas tanah milik sendiri."Kalau tanah milik orang lain, pasti sulit, karena khawatir nantinya jadi bermasalah," ujarnya.

Baca Juga: Mahasiswa FISIP Unigal Ciamis Bantu UMKM di Desa Karangpaningal Berjualan Online

Salah seorang warga Asih Sutini(40) mengatakan, dirinya ingin sekali mendapata bantuan rutilahu."Punya sasaungan (rumah,red) tapi tanahnya milik tetangga, pas ngajuin gak bisa," katanya.

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-Siap Tes P3K Akan Digelar Lagi Tahun Ini

Kamis, 30 Juni 2022 | 21:36 WIB
X