• Jumat, 1 Juli 2022

Ketua DPRD : EO Lokal Perlu Diberdayakan

- Selasa, 21 Juni 2022 | 22:36 WIB
Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin (Faizal Amiruddin)
Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin (Faizal Amiruddin)

TINTAPUTIH - Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin mengajak para pengusaha dan instansi lingkup pemerintahan kabupaten Pangandaran untuk memberdayakan jasa Event Organizer (EO) lokal.

Menueutnya, pemberdayaan pelaku UMKM tak hanya dalam bentuk produk saja, jasa pelayanan seperti EO lokal harus bisa ikut maju bersama."Sebagai daerah wisata yang memanfaatkan objek wisata sebagai salahsatu pendapatan asli daerah. Pelayanan jasa wisata lokal yang berbaju EO harus dimanfaatkan," ucapnya.

Ia mengatakan EO lokal memiliki kualitas yang baik dan mempunyai nilai jual yang layak dipromosikan, tidak kalah dengan EO dari luar daerah.

Baca Juga: UMKM dan Koperasi Perlu Ditunjang Kualitas SDM

Selain itu Asep mengajak para pengusaha dan pemkab setiap melakukan event wisata atau event kegiatan masing-masing lembaga atau instansi memakai jasa EO lokal.

"Sementara untuk menghidupkan kembali para pelaku seni dan hiburan. Vendor-vendor event menggunakan vendor lokal. Jadi yang bergeliat kembali bukan hanya pariwisata tetapi ekonomi kreatif. Salahsatu contoh lainnya, sewaktu melaksanakan resepsi pernikahan manfaatkan vendor lokal yang ada biar berkembang," jelasnya.

Dijelaskan Asep, daerah wisata ini apabila dikatakan sistemnibel tourism, seluruh kehidupan masyarakat yang ada di wilayah tersebut harus memberdayakan potensi yang ada, hanya kita juga tidak boleh kalah saing. Sehingga EO lokal harus berinovasi dan memiliki kualitas nasional.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cancer, Gemini dan Capricorn Hari Ini - Selasa 21 Juni 2022: Cinta, Kesehatan dan Karir

"Produk daerah tidak hanya berbentuk barang, tapi bisa berbentuk jasa. Di Industri pariwisata pun ada yang disebut jasa pariwisata, termasuk EO," ucapnya.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-Siap Tes P3K Akan Digelar Lagi Tahun Ini

Kamis, 30 Juni 2022 | 21:36 WIB

Desa Wisata Tidak Melulu Soal Objek Wisata Alam

Senin, 27 Juni 2022 | 11:19 WIB
X