• Senin, 8 Agustus 2022

Dinkes Ingatkan Pentingnya Pemberantasan Sarang Nyamuk Saat Kasus DBD di Kota Tasikmalaya Tembus 1.059

- Senin, 27 Juni 2022 | 22:36 WIB
Tim Fogging Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya melakukan pengasapan di lingkungan RW. 01 Cintarasa, Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya.* (Istimewa)
Tim Fogging Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya melakukan pengasapan di lingkungan RW. 01 Cintarasa, Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya.* (Istimewa)

TINTA PUTIH - Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr Asep Hendra Hendriana mengimbau masyarakat untuk mengintensifkan upaya pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Caranya dengan melakukan gerakan 3M (menguras, mengubur dan menutup). Hal itu penting karena kasus DBD di Kota Tasikmalaya pada periode bulan April-Juni 2022 cukup tinggi yakni tembus angka 1.059

Menurut dia, lonjakan kasus DBD di Kota Tasikmalaya tersebut disebabkan oleh minimnya kesadaran masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan tidak rutin melakukan PSN.

Baca Juga: Mantan Kapolri (Alm) Jenderal Banurusman Layak Dihargai dengan Sebuah Nama Jalan di Kota Tasikmalaya

Dikatakan dia, upaya atau gerakan memantau perkembangan jentik nyamuk atau program juru pemantau jentik (Jumantik) perlu terus dilakukan. Sebab, kata Asep, itu pencegahan yang efektif dan tidak memerlukan biaya yang besar.

"Berdasarkan hasil pemantauan di lapangan masih banyak ditemukan jentik, bahkan di dalam rumah seperti di dispenser dan penampang pot bunga," kata dia saat dihubungi Senin 27 Juni 2022.

Asep menyebut Dinas Kesehatan telah membentuk relawan Jumantik yang dikoordinasikan oleh puskesmas dengan memberdayakan masyarakat seperti para kader Posyandu dan pengurus RT/RW.

Baca Juga: Kisah Manusia Pertama yang Melakukan Pembunuhan Bagian 1

Dikatakan dia, partisipasi dari masyarakat tentu sangat dibutuhkan untuk bisa mencegah penyebaran penyakit ini. Makanya ini memerlukan peran serta semua pihak.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Desa Cijulang, Tahun Lahir, Asal-Usul

Selasa, 2 Agustus 2022 | 23:00 WIB

Penyertaan Modal BUMD di Tahun 2023

Minggu, 31 Juli 2022 | 19:58 WIB

Tagar @BlokirKominfo Menggelegar di Twitter

Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:59 WIB

Odong-Odong Dilarang Berkeliaran di Jalan Raya

Jumat, 29 Juli 2022 | 14:06 WIB

KUA PPAS 2023 Masih Dibahas DPRD

Jumat, 29 Juli 2022 | 12:49 WIB
X