• Senin, 8 Agustus 2022

Gegara Invasi Ukraina, Rusia Alami Gagal Bayar Utang

- Selasa, 28 Juni 2022 | 09:14 WIB
Moskow (Pixabay)
Moskow (Pixabay)

TINTAPUTIH - Negara Rusia dipastikan gagal membayar utang mereka untuk pertama kalinya sejak tahun 1998. Hal ini dakibatkan sanksi ekonomi yang dijatuhkan kepada negara tersebut.

Rusia dijatuhi sanksi bertubi-tubu akibat invasi mereka ke Ukraina sejak beberapa bulan lalu.

Negara beruang merah itu melewatkan tenggat waktu Minggu malam untuk memenuhi masa tenggang 30 hari atas pembayaran bunga sebesar $100 juta (£81,2 juta), pada dua eurobond yang semula jatuh tempo pada 27 Mei.

Baca Juga: Rachmat Irianto Jalani Latihan Pertama Bareng Persib, Pakai Jersey Bernomor Punggung 53 yang Sarat Makna

Bloomberg melaporkan pada Senin (27/6) pagi, beberapa pemegang eurobond Rusia Taiwan mengatakan bahwa mereka belum menerima pembayaran bunga jatuh tempo, dua sumber mengatakan kepada Reuters.

Konfirmasi resmi dari default diharapkan datang dari lembaga pemeringkat internasional. Upaya Rusia untuk menghindari default mencapai hambatan yang tidak dapat diatasi pada akhir Mei ketika kantor kontrol aset asing (OFAC) departemen perbendaharaan AS secara efektif memblokir Moskow untuk melakukan pembayaran.

Sanksi cukup keras untuk melukai Rusia, jika tidak menghentikannya “Sejak Maret kami berpikir bahwa default Rusia mungkin tak terelakkan, dan pertanyaannya adalah kapan,” Dennis Hranitzky, kepala litigasi berdaulat di firma hukum Quinn Emanuel, mengatakan kepada Reuters. “OFAC telah turun tangan untuk menjawab pertanyaan itu untuk kami, dan standarnya sekarang ada pada kami,”

Baca Juga: Persib Awali Latihan Lagi, Dua Dari Trio Pemain Timnas Indonesia Telah Gabung, Ini Komentar Robert Alberts

Sementara default formal sebagian besar akan bersifat simbolis mengingat Rusia tidak dapat meminjam secara internasionalsaat ini dan tidak perlu berterima kasih kepada pendapatan ekspor minyak dan gas yang berlimpah, stigma tersebut mungkin akan meningkatkan biaya pinjamannya di masa depan.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Desa Cijulang, Tahun Lahir, Asal-Usul

Selasa, 2 Agustus 2022 | 23:00 WIB

Penyertaan Modal BUMD di Tahun 2023

Minggu, 31 Juli 2022 | 19:58 WIB

Tagar @BlokirKominfo Menggelegar di Twitter

Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:59 WIB

Odong-Odong Dilarang Berkeliaran di Jalan Raya

Jumat, 29 Juli 2022 | 14:06 WIB

KUA PPAS 2023 Masih Dibahas DPRD

Jumat, 29 Juli 2022 | 12:49 WIB
X