• Senin, 8 Agustus 2022

Ceruk Pasar Handycraft Produksi Kota Tasikmalaya Masih Sangat Terbuka

- Minggu, 3 Juli 2022 | 22:56 WIB
Zainal Muttaqin.* (tintaputih.net)
Zainal Muttaqin.* (tintaputih.net)

TINTA PUTIH - Respons pasar luar negeri terhadap produk kerajinan tangan berbahan baku mendong dari Tasikmalaya harus diapresiasi sebagai peluang bagi masyarakat yang bergerak di lini usaha itu untuk bangkit.

Optimisme untuk bangkit juga harus dipelihara agar ceruk pasar gurih itu bisa jadi cuan bagi perajin Kota Tasikmalaya yang dikenal sebagai kota kreatif.

Hal itu diungkapkan Zainal Muttaqin pengusaha kerajinan mendong di Kampung Pagergunung Kelurahan Singkup Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya saat berdialog dengan pewarta Tasikmalaya dan Tim Press Tour Bank BNI, Sabtu 2 Juli 2022.

Baca Juga: Silaturahmi TKPC Meriah, Pecinta Koes Plus di Tasikmalaya Larut dalam Nostalgia

Bah Eje, sapaannya, pun mengajak sesama perajin dan para stakeholder di Kota Tasikmalaya untuk bersama-bersama menggerakkan kembali geliat usaha yang sudah jadi ikon dan warisan budaya ekonomi kerakyatan tersebut.

Intervensi pemerintah, perbankan dan lainnya berupa pendampingan dalam pengembangan kapasitas harus terus dilakukan dari mulai hulu sampai hilir. Menurutnya, hal, itu penting agar pelaku usahanya selalu adaptif terhadap perkembangan dan selera pasar terkini.

"Dengan kehadiran stakeholder, saya yakin akan menjadi kekuatan untuk move on atau bersaing di tengah gempuran kompetitor yang menawarkan produk murah berbahan baku plastik," katanya.

Baca Juga: Proses Naturalisasi Jordi Amat Jalan Terus, Shin Tae-yong Bahkan Kirim Surat Langsung ke Ketum PSSI

Produk Abah Aje sendiri jadi salah satu handycraft yang bisa bertahan dari terpaan badai pandemi Covid-19 yang memorakporandakan semua segmen ekonomi.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Desa Cijulang, Tahun Lahir, Asal-Usul

Selasa, 2 Agustus 2022 | 23:00 WIB

Penyertaan Modal BUMD di Tahun 2023

Minggu, 31 Juli 2022 | 19:58 WIB

Tagar @BlokirKominfo Menggelegar di Twitter

Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:59 WIB

Odong-Odong Dilarang Berkeliaran di Jalan Raya

Jumat, 29 Juli 2022 | 14:06 WIB

KUA PPAS 2023 Masih Dibahas DPRD

Jumat, 29 Juli 2022 | 12:49 WIB
X