• Jumat, 2 Desember 2022

Pengertian Resesi dan 15 Negara yang Kini Terancam

- Kamis, 14 Juli 2022 | 20:23 WIB
Ilustrasi resesi
Ilustrasi resesi

TINTAPUTIH - Resesi adalah suatu kondisi dimana perekonomian suatu negara sedang memburuk yang terlihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif, pengangguran meningkat, maupun pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Nah saat ini ada 15 negera yang sedang berada dalam ancaman resesi termasuk Indonesia.

Tapi Menteri Keuangan RI Sri Mulyani menilai bahwa risiko resesi yang akan dihadapi Indonesia terbilang rendah, hanya 3%. Angka itu merupakan hasil survei yang dilakukan oleh Bloomberg.

"Survey dari Bloomberg ada negara yang risiko resesinya bisa mencapai di atas 70%. Nah tadi ditanyakan Indonesia ada di ujung bawah tapi tetap ditanyain gitu. Kita (Indonesia) relative dalam situasi yang tadi disebutkan risikonya 3%," katanya dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Rabu 13 Juli 2022.

Baca Juga: Buntut Kasus UU ITE Rumah Nikita Mirzani Kembali Digeledah Polisi, Ada Suara Teriakan Cewe

Namun terlepas dari rendahnya resiko Indonesia mengalami resesi, Sri Mulyani mengatakan bukan berarti pemerintah tidak waspada terhadap risiko resesi tersebut.

"Ibaratkan negara lainnya potensi untuk mengalami resesi jauh di atas 70%. Ini tidak berarti kita terlena, kita tetap waspada namun pesannya adalah kita tetap akan menggunakan semua instrumen kebijakan kita. Apakah itu fiscal policy, moneter policy di OJK di financial sektor dan juga regulasi yang lain untuk memonitor itu terutama regulasi ekposure dari korporasi Indonesia," jelasnya.

Sri Mulyani meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini masih cukup positif. Ia pun membandingkan dengan kondisi krisis keuangan 2008.

"Artinya harus belajar dari krisis global 2008, 2009, sektor korporasi, finansial, APBN, moneter, semuanya mencoba memperkuat diri sendiri pada saat hadapi risiko sekarang ini. Kita dalam situasi daya tahan masih lebih baik, makanya disebut rating lebih kecil," tutupnya.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus TBC Meningkat Begini Langkah Dinkes Pangandaran

Rabu, 23 November 2022 | 13:24 WIB

DLHK Pangandaran Kekurangan Armada Pengangkut Sampah

Rabu, 16 November 2022 | 09:50 WIB

Pemkab Pangandaran Tertibkan Tempat Hiburan Malam

Rabu, 16 November 2022 | 09:22 WIB

Upaya Pemkot Tasikmalaya Pertahankan Lahan Pertanian

Selasa, 8 November 2022 | 12:49 WIB

Terpopuler

X