• Selasa, 27 September 2022

Pak Uu Sebut Banjir Garut Akibat Kerusakan Kawasan Hulu Sungai

- Minggu, 17 Juli 2022 | 20:41 WIB
UU Ruzhanul Ulum saat menyerahkan bantuan korban banjir di Garut.
UU Ruzhanul Ulum saat menyerahkan bantuan korban banjir di Garut.

TINTAPUTIH - Plh. Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum memberikan bantuan langsung kepada korban banjir, di Kampung Dayeuhandap Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Minggu (17/7/2022).

Banjir terjadi karena intensitas hujan tinggi sejak Jumat (15/7/2022) dan menyebabkan Sungai Cipeujeuh meluap. Ketinggian air dilaporkan mencapai lebih dari 1 meter.

Akibat banjir ini, 53 rumah warga terendam dan rusak, delapan di antaranya rusak berat. Adapun jumlah warga terdampak mencapai 258 orang dari 78 kepala keluarga, termasuk di antaranya 30 orang balita, 30 orang lansia, dua ibu hamil, dan tujuh ibu menyusui.

Pak Uu -sapaan akrab Uu Ruzhanul- mengungkapkan, warga Kampung Dayeuhandap bukan pertama kalinya mengalami musibah hebat seperti ini. Untuk itu, ia mengimbau warga agar mau berpindah lokasi hunian ke daerah yang lebih aman. Namun sayangnya, tidak semua warga berkehendak untuk pindah, dengan alasan kepemilikan tanah.

Baca Juga: Sudah Divaksin Booster, Tidak Perlu Menunjukan Hasil Tes PCR atau Rapid Antigen Saat Perjalanan Udara

"Kami meminta kepada masyarakat, khususnya yang ada di sepanjang sungai ini, daerah yang dianggap berbahaya, mohon kesadarannya agar pindah ke tempat yang lebih aman," imbau Pak Uu.

"Saya sudah bertanya ke masyarakat, ada yang mau ada yang menolak (pindah) karena itu tanah pribadi. Namun diminta pindah bukan berarti tanahnya akan diambil oleh pemerintah, akan tetapi demi keselamatan," jelasnya.

Selain relokasi warga, Pak Uu mengatakan langkah penanganan banjir ini juga harus dilakukan melalui edukasi masyarakat di wilayah hulu sungai. Menurutnya, banjir kali ini juga merupakan dampak dari alih fungsi lahan di daerah hulu sungai.

Sama pentingnya, penegakan hukum berupa sanksi terhadap para perusak lingkungan baik perorangan maupun korporasi.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Dorong Terbentuknya Rumah Kemasan UMKM

Sabtu, 24 September 2022 | 22:13 WIB

Ketua Dewan : Karangtirta Akan Bangkit Lagi

Sabtu, 24 September 2022 | 18:05 WIB

Cara Cek Lolos Penerima Prakerja Gelombang 43

Sabtu, 3 September 2022 | 05:41 WIB

Cara Cek Harga Pertamina, Pertamax Hingga Dex Lite

Sabtu, 3 September 2022 | 05:35 WIB

Ketua DPRD : APBD Harus Memihak Masyarakat

Senin, 29 Agustus 2022 | 12:38 WIB

Terpopuler

X