• Minggu, 29 Januari 2023

Kebocoran PAD dari Retribusi Hasil Tangkap Ikan di Pangandaran Masih Ditemukan 

- Minggu, 17 Juli 2022 | 21:42 WIB
Nelayan di Lampung yang sudah beralih alat tangkap dari trawl ke bubu. (KKP)
Nelayan di Lampung yang sudah beralih alat tangkap dari trawl ke bubu. (KKP)

TINTAPUTIH - Kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi hasil tangkap ikan masih banyak ditemukan. Akibatnya capaian retribusi hingga bulan Juni 2022 masih jauh dari harapan.

Selain itu musim paceklik panjang dan peralihan penangkapan ikan ke komiditi baby lobster menjadikan nelayan berhenti menangkap ikan produktif.

Dianggap lebih hemat biaya dan penangkapan lebih mudah, nelayan di Pangandaran masih memilih menangkap baby lobster ditengah packelik.

Baca Juga: Pemkab Pangandaran Kekurangan 1613 Guru ASN

Kepala Dinas Keluatan Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran Dedi Surachman mengatakan, kebocoran PAD diakihatkan oleh penjualan diluar TPI. "Ya kebocoran masih ada, butuh biaya operasional untuk patroli pengawasan," kata Dedi.

Dedi mengatakan, keboran PAD memang bisa mempengaruhi pendapatan retribusi dari hasil tangkap ikan. Karena nelayan melewati regulasi penjualan. "Kebocoran ini hampir di semua TPI yang ada di Pangandaran ditemukan kasus yang sama," ungkapnya.

Selain itu capaian retribusi dari hasil tangkapan ikan di Pangandaran menurun di tahun 2022 jauh dari harapan. "PAD sektor perikananan tangkap sampai Juni 2022 hanya Rp427 juta atau 7,91 persen dari target Rp 5 Miliar," ucapnya.

Baca Juga: Cerita Mbah Kentung Menyaksikan Kejadian Aneh Sebelum dan Sesudah Tsunami Pangandaran Tahun 2006

Padahal Juni 2021 lalu PAD retribusi dari hasil perikanan tangkap mencapai Rp 800 juta. Sementara tahun ini hanya setengahnya dari tahun lalu.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkes Kota Tasikmalaya Pantau Pasien Diduga Campak

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:09 WIB

Kasus TBC Meningkat Begini Langkah Dinkes Pangandaran

Rabu, 23 November 2022 | 13:24 WIB
X