• Rabu, 30 November 2022

Aturan FIFA dan Alasan Polisi Gunakan Gas Air Mata di Tragedi Kanjuruhan

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:59 WIB
Tragedi Kanjuruhan
Tragedi Kanjuruhan

TINTAPUTIH  - Penggunaan gas air mata yang dilakukan polisi guna meredam kerusuhan di stadion Kanjuruhan Malang jadi sorotan. Pasalnya penggunaan gas air di arena pertandingan sepakbola ternyata dilarang oleh FIFA alias federasi sepakbola dunia.

Dalam FIFA Stadium Safety and Security Regulations pasal 19 jelas tercantum bahwa penggunaan gas air mata untuk mengendalikan massa dilarang. "No firearms or "crowd control gas" shall be carried or used," demikian bunyi aturan tersebut.

Terkait hal itu Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta mengatakan alasan anggotanya menggunakan gas air mata untuk mengendalikan suporter Arema FC yang turun ke tengah lapangan. Para suporter itu kecewa usai timnya kalah.

Nico juga menyebut suporter Arema menyerang petugas, merusak stadion, hingga berusaha mencari para pemain dan official Arema FC.

Baca Juga: Ketua DPRD Pangandaran Berharap Penanganan Dampak Bencana Cepat

"Karena pengamanan melakukan upaya-upaya pencegahan dan melakukan pengalihan supaya mereka tidak masuk ke dalam lapangan mengincar para pemain," kata Nico saat konferensi pers di Polres Malang, Minggu (2/10/2022),

"Dalam prosesnya itu untuk melakukan upaya-upaya pencegahan sampai dilakukan (penembakan) gas air mata karena sudah anarkis, sudah menyerang petugas, merusak mobil, dan akhirnya kena gas air mata," imbuh air mata.

Ironinya dalam beberapa foto terlihat polisi menembakkan gas air mata ke arah tribun penonton. Tak pelak hal itu membuat ribuan penonton berhamburan dan bergerak tak terkendali.

Mereka serentak menuju ke akses keluar stadion. Saat itulah terjadi penumpukan suporter hingga ribuan orang kekurangan oksigen, terinjak-injak dan insiden mengerikan lainnya.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus TBC Meningkat Begini Langkah Dinkes Pangandaran

Rabu, 23 November 2022 | 13:24 WIB

DLHK Pangandaran Kekurangan Armada Pengangkut Sampah

Rabu, 16 November 2022 | 09:50 WIB

Pemkab Pangandaran Tertibkan Tempat Hiburan Malam

Rabu, 16 November 2022 | 09:22 WIB

Upaya Pemkot Tasikmalaya Pertahankan Lahan Pertanian

Selasa, 8 November 2022 | 12:49 WIB

Terpopuler

X