• Rabu, 30 November 2022

Gagal Ginjal Akut pada Anak Nihil di Kabupaten Garut

- Senin, 24 Oktober 2022 | 21:32 WIB
Angka Kematian Kasus Gagal Ginjal Akut Anak Kian Meningkat, Kemenkes Rilis Data Kematian Sejumlah 141 (Net)
Angka Kematian Kasus Gagal Ginjal Akut Anak Kian Meningkat, Kemenkes Rilis Data Kematian Sejumlah 141 (Net)

 

TINTAPUTIH- Di Kabupaten Garut hingga Senin 24 Oktober 2022 tidak ditemukan adanya kasus gagal ginjal misterius pada anak.

Menurut keterangan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, dr. Lely Yuliani, Senin 24 Oktober 2022 di Kabupaten Garut tidak ditemukan kasus gagal ginjal misterius pada anak.

"Alhamdulillah di Kabupaten Garut tidak ditemukan kasus tersebut dan kita berharap tidak ada temuan kasus tersebut," jelasnya.

Dikatakan dia, obat sirup yang dilarang beredar di masyarakat sesuai arahan BPOM. "Obat sirup yang dilarang beredar sesuai arahan BPOM" tambahnya.

Berdasarkan penjelasan BPOM RI tentang informasi kelima hasil pengawasan BPOM terkait sirup obat yang tidak menggunakan Propilen Glikol, Polietilen Glikol, Sorbitol dan/atau Gliserin/Gliserol-Point 5:

BPOM melakukan intensifikasi surveilans mutu berbasis risiko, sampling dan pengujian untuk memastikan seluruh produk yang beredar di pasaran tidak mengandung cemaran EG dan DEG melebihi ambang batas aman.

Berdasarkan hasil pengujian sampai dengan tanggal 23 Oktober 2022, terdapat 13 sirup obat (21 bets) dengan hasil dinyatakan aman digunakan sepanjang sesuai aturan pakai.

BPOM melakukan intensifikasi sampling dan pengujian untuk semua produk sirop yang diproduksi oleh industri farmasi yang sama dengan bets yang berbeda. Untuk sampel produk lainnya akan disampaikan kepada masyarakat setelah diperoleh hasil pengujian.***

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus TBC Meningkat Begini Langkah Dinkes Pangandaran

Rabu, 23 November 2022 | 13:24 WIB

DLHK Pangandaran Kekurangan Armada Pengangkut Sampah

Rabu, 16 November 2022 | 09:50 WIB

Pemkab Pangandaran Tertibkan Tempat Hiburan Malam

Rabu, 16 November 2022 | 09:22 WIB

Upaya Pemkot Tasikmalaya Pertahankan Lahan Pertanian

Selasa, 8 November 2022 | 12:49 WIB

Terpopuler

X