• Rabu, 30 November 2022

Ini Tiga Nama Pejabat Yang Diusulkan jadi Pj Wali Kota Tasikmalaya

- Rabu, 9 November 2022 | 13:21 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

TINTAPUTIH - Menjelang masa akhir jabatan Wali Kota Tasikmalaya pada 14 November 2022 mendatang, teka-teki siapa sosok yang akan ditunjuk Kemendagri untuk menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya kian menghangat.

Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Agus Wahyudin mengatakan poin penting dari pemilihan Pj Wali Kota Tasik adalah berkaitan dengan netralitas berkaitan dengan datangnya tahun politik 2024. Dia juga mengatakan Pj yang terpilih bukan merupakan titipan pihak tertentu.

"Poin penting Pj di tahun politik 2024 ya harus lurus menjalankan amanah sesuai aturan. Pj itu bukan titipan siapa-siapa tapi titipan undang-undang," kata Agus.

Hal lainnya, lanjut Agus, Pj Wali Kota Tasikmalaya harus sosok yang mengetahui Tasikmalaya dan paham mengenai kultur masyarakat. "Bagi saya siapa pun yang dipilih silahkan saja. Yang penting dia bisa menjalankan amanah dengan tegak lurus," kata Agus.

Baca Juga: Upaya Pemkot Tasikmalaya Pertahankan Lahan Pertanian

Di sisi lain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan sudah mengusulkan tiga nama calon Pj Wali Kota kepada Kementerian Dalam Negeri. Dia memaparkan ketiga calon yang diusulkan itu adalah Dedi Taufik yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar, Iip Hidajat yang saat ini menjabat Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan.

"Pak Dedi Taufik, Pak Iip Bakesbangpol, dan Pak Sekdanya (Kota Tasikmalaya)," kata Ridwan Kamil.

Saat ditanya mengenai siapa yang sudah mendapatkan persetujuan, Kang Emil mengaku Pemprov Jabar hanya memiliki kewenangan untuk mengusulkan.
Kewenangan menunjuk Pj Wali Kota ada di Kementerian Dalam Negeri.

"Itu urusan Mendagri. Tanggung jawab kita hanya tiga nama dan itu yang disetujui oleh DPRD Kota Tasikmalaya," kata Ridwan Kamil.*

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus TBC Meningkat Begini Langkah Dinkes Pangandaran

Rabu, 23 November 2022 | 13:24 WIB

DLHK Pangandaran Kekurangan Armada Pengangkut Sampah

Rabu, 16 November 2022 | 09:50 WIB

Pemkab Pangandaran Tertibkan Tempat Hiburan Malam

Rabu, 16 November 2022 | 09:22 WIB

Upaya Pemkot Tasikmalaya Pertahankan Lahan Pertanian

Selasa, 8 November 2022 | 12:49 WIB

Terpopuler

X