• Rabu, 30 November 2022

Vokasi Kecakapan Hidup Cara SMAN 10 Kota Tasikmalaya Tekan Pengangguran

- Kamis, 17 November 2022 | 10:26 WIB
Pembekalan keterampilan di SMAN 10 Kota Tasikmalaya.
Pembekalan keterampilan di SMAN 10 Kota Tasikmalaya.

 

TINTAPUTIH - SMAN 10 Kota Tasikmalaya membekali muridnya dengan keterampilan. Pembekalan ini sebagai bagian upaya menekan angka pengangguran. Tujuannya agar setelah lulus sekolah sudah siap bekerja. Pasalnya tidak semua lulusan SMA bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

Untuk menjawab masalah lulusan SMA yang tidak melanjutkan sekolah yang berdampak kepada pengangguran, SMAN 10 Kota Tasikmalaya yang berada di lingkup Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan XII, mengeluarkan program kecakapan hidup bagi anak didiknya.

Program kecakapan hidup ini merupakan tahapan pembelajaran pada anak untuk menentukan kompleksitas kehidupan di masa depan.

Kepala Sekolah SMAN 10 Tasikmalaya, Dr. Yonandi, S.Si., M.T. mengatakan dalam pendidikan kecakapan hidup ini pihaknya memberikan peluang kepada anak untuk memiliki keterampilan.

Keterampilan yang diterapkan kepada siswa SMAN 10 Tasikmalaya ini melalui dari Badan Latihan Kerja (BLK) Kota Tasikmalaya. Jadi menurutnya sekolah dalam hal ini hanya memberikan fasilitas kepada siswa yang memiliki minat langsung ke dunia pekerjaan.

"Ketika kami menjembatani anak memiliki keterampilan, yang dampaknya nanti siswa tidak kebingungan dalam menentukan hidup setelah lulus nanti," katanya.

Baca Juga: Disdukcapil Pangandaran Buka Layanan Sidang Isbath Pernikahan

SMAN 10 Tasikmalaya berupaya lulusan siswanya memiliki kualitas yang sangat baik sehingga seluruh siswa baik yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi maupun langsung bekerja sudah siap.

Yonandi mengatakan, program ini akan sangat membantu orang tua siswa yang tidak memiliki kemampuan untuk menyekolahkan anaknya ke perguruan tinggi.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus TBC Meningkat Begini Langkah Dinkes Pangandaran

Rabu, 23 November 2022 | 13:24 WIB

DLHK Pangandaran Kekurangan Armada Pengangkut Sampah

Rabu, 16 November 2022 | 09:50 WIB

Pemkab Pangandaran Tertibkan Tempat Hiburan Malam

Rabu, 16 November 2022 | 09:22 WIB

Upaya Pemkot Tasikmalaya Pertahankan Lahan Pertanian

Selasa, 8 November 2022 | 12:49 WIB

Terpopuler

X