• Rabu, 30 November 2022

Tempat Hiburan Ditutup Dinkes Pantau Kasus HIV/AIDS

- Rabu, 23 November 2022 | 13:19 WIB
Ilustrasi Kasus HIV/Aids
Ilustrasi Kasus HIV/Aids

TINTAPUTIH - Pemerintah Kabupaten Pangandaran melakukan penutupan 33 tempat hiburan malam yang berada di pantai Pangandaran dan pantai Batu Hiu.

Namun imbas dari penutupan tempat hiburan malam di Pangandaran membuat Dinas Kesehatan khawatir kehilangan kontrol untuk klaster orang dengan HIV/AIDS di kalangan Pekerja Seks Komersial (PSK).

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pangandaran Aang Syaefurahmat mengatakan kebijakan pemda memulangkan semua PSK di tempat hiburan merupakan langkah yang baik untuk meminimalisir penularan penyakit menular sexual (PMS) serta menghilangkan image buruk cafe di pangandaran. "Namun hal ini akan kesulitan untuk skrining orang dengan HIV/AIDS," kata Aang, Rabu (16/11/2022).

Ia mengatakan hal ini menuntut bidang P2P untuk lebih berinovasi dalam pelaksanaan program penanggulangan HIV/AIDS, mengingat dunia teknologi juga memudahkan mereka tetap bertransaksi yang tentunya hal ini menjadi potensi penularan HIV.

"Sebelum kebijakan Pemda terkait ini, memang dimudahkan dalam skrining dan pemeriksaan mengingat mereka berada di tempat yang mudah dijangkau dan terfokus namun para pelanggan, mereka tetap sulit dijangkau, bahkan beberapa bulan ke belakang bidang kami telah membuat pemetaan," kata Aang.

Dia mengatakan kedepan untuk skrining pemeriksaan HIV akan dilakukan proaktif menjangkau ke seluruh kelompok masyarakat seperti warga kost kostan dan kelompok masyarakat tertentu.

"Melihat fenomena sekarang ini sebenarnya semua orang berpotensi menularkan dan tertular HiV, seyogyanya tidak sungkan untuk memeriksakan HIV ke fasilitas kesehatan terdekat. Test HIV ini tidak bisa dipaksakan tapi harus atas kesadaran sendiri," ucapnya.

Menurutnya kerjasama lintas program lintas dinas serta peran masyarakat sangat diharapkan dalam rangka penanggulangan HIV/AIDS di Pangandaran. Mengingat tantangan kedepan semakin berat.

Sementara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pangandaran Dedih Rachmat mengatakan saat ini masih ada beberapa tempat hiburan yang buka.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus TBC Meningkat Begini Langkah Dinkes Pangandaran

Rabu, 23 November 2022 | 13:24 WIB

DLHK Pangandaran Kekurangan Armada Pengangkut Sampah

Rabu, 16 November 2022 | 09:50 WIB

Pemkab Pangandaran Tertibkan Tempat Hiburan Malam

Rabu, 16 November 2022 | 09:22 WIB

Upaya Pemkot Tasikmalaya Pertahankan Lahan Pertanian

Selasa, 8 November 2022 | 12:49 WIB

Terpopuler

X