• Minggu, 29 Januari 2023

Cadisdik Wilayah XII Jabar Buka Peluang Lulusan SMK Kerja di Jepang

- Kamis, 1 Desember 2022 | 08:10 WIB
Kerjasama Cadisdik wilayah XII Tasikmalaya dengan perusahaan Jepang.
Kerjasama Cadisdik wilayah XII Tasikmalaya dengan perusahaan Jepang.


TINTAPUTIH - Upaya menyalurkan lulusan SMK untuk bisa mendapatkan pekerjaan terus dilakukan Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah XII Jawa Barat.

Salah satunya dengan membuka peluang bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berada di Kota/Kabupaten Tasikmalaya untuk bekerja di Jepang. Langkah tersebut salah satunya dilakukan dengan menggandeng Tokyo Biso Kogyo Corporation.

Delegasi perusahaan asal Negeri Sakura yang bergerak di berbagai bidang tersebut telah mengunjungi lingkungan kerja Kantor Cabang Dinas Pendidikan (KCD) Wilayah XII Jawa Barat, pada 22 November 2022 lalu.

Di hadapan para kepala sekolah SMK Negeri maupun Swasta di Kota/Kabupaten Tasikmalaya, delegasi Tokyo Biso Kogyo Corporation menyosialisasikan program magang dan bekerja di Jepang.

Kepala KCD Wilayah XII Jabar Abur Mustikawanto mengatakan sebagai langkah awal atau pilot project, saat ini terdapat 15 peserta didik di SMKN 1 Tasikmalaya yang telah menerapkan kurikulum dari Tokyo Biso Kogyo Corporation.

"Ke depan kita berencana membuat lebih masif lagi. Jadi kerjasama atau kurikulum perusahaan Jepang ini tidak hanya di SMK 1 Tasikmalaya," ujar Abur Mustikawato, Kamis (1/12/2022).

Menurut Abur, peluang lulusan SMK yang berada di wilayah Priangan Timur, khususnya di Tasikmalaya untuk bekerja di Jepang sangat terbuka lebar. Populasi usia kerja yang menyusut drastis di Jepang, membuat potensi untuk lulusan SMK di Jabar untuk bekerja di sana.

"Kita ambil contoh care giver, Jepang itu banyak meminta untuk profesi itu pada hari ini. Kita sedang membuat sekolah-sekolah swasta dengan kompetensi keperawatan untuk bisa berpartisipasi juga, agar bisa direkrut," ungkap Abur.

Abur menambahkan, berkaca dari pengalaman sebelumnya, industri Jepang pun mayoritas memiliki penilaian yang positif terhadap tenaga kerja asal Indonesia. Tak terkecuali bagi Tokyo Biso Kogyo Corporation.

Abur mendapatkan informasi langsung dari Yuko Tanaka sebagai Assistant Manager Global HRD Tokyo Biso Kogyo Corporation bahwa pekerja asal Indonesia, khususnya Tasikmalaya memiliki banyak keunggulan.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkes Kota Tasikmalaya Pantau Pasien Diduga Campak

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:09 WIB

Kasus TBC Meningkat Begini Langkah Dinkes Pangandaran

Rabu, 23 November 2022 | 13:24 WIB
X