• Minggu, 29 Januari 2023

Wakil Bupati Klaim Angka Stunting dan Kemiskinan di Ciamis Menurun

- Kamis, 19 Januari 2023 | 22:09 WIB
Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra (Dok/Beki)
Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra (Dok/Beki)

TINTAPUTIH - Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengatakan angka kemiskinan dan anak stunting di Kabupaten Ciamis mengalami penurunan. 

Capaian ini menjadi indikator upaya Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam menangani kedua masalah yang menjadi atensi pemerintah pusat tersebut.

Hal itu diungkapkan Yana saat menyampaikan paparan di acara roadshow percepatan penurunan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem secara virtual, Kamis (19/1/2023).

Yana menjelaskan angka stunting di Kabupaten Ciamis berdasarkan data mengalami penurunan sebanyak 1,5 persen dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2022 berada pada angka 3,4 persen

Yana menerangkan terkait dengan kasus balita dengan berat badan kurang alias underweight, stunting dan wasting (gizi buruk dan gizi kurang) dari tahun 2021 ke tahun 2022 terjadi penurunan masing-masing sebanyak 0,3 persen, 1,5 persen dan 0,5 persen.

Baca Juga: Dituduh Jadi Selingkuhan Kiwil Pengusaha Travel Tasikmalaya Meradang

"Keberhasilan capaian penekanan angka tersebut tidak lepas dari kerjasama dan sinergitas lintas sektor diantaranya dengan melibatkan 10 OPD di Kabupaten Ciamis," kata Yana.

Selain itu Ciamis juga memiliki beberapa program terobosan untuk pengentasan stunting, diantaranya pendampingan khusus keluarga balita malnutrisi (Paku Besi), sistem informasi kesehatan remaja halo cinta (Si Keren Halo Cinta) dan Gerakan bersama cegah stunting masyarakat ciamis (Gerabah Stunting Manis).

Sementara itu untuk penanganan kemiskinan di Kabupaten Ciamis, Yana melaporkan terjadinya penurunan dari tahun 2021 berada pada angka 7,97 persen turun menjadi 7,72 persen pada tahun 2022.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkes Kota Tasikmalaya Pantau Pasien Diduga Campak

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:09 WIB

Kasus TBC Meningkat Begini Langkah Dinkes Pangandaran

Rabu, 23 November 2022 | 13:24 WIB
X