• Minggu, 29 Januari 2023

Dinkes Kota Tasikmalaya Pantau Pasien Diduga Campak

- Minggu, 22 Januari 2023 | 15:09 WIB
Kenali Gejala dan Cara Penanganan Penyakit Campak (freepik)
Kenali Gejala dan Cara Penanganan Penyakit Campak (freepik)

 

TINTAPUTIH - Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya mewaspadai penularan penyakit campak di wilayahnya. Sejumlah pasien diduga terpapar virus campak saat ini sedang di beberapa rumah sakit. Sampel dari pasien itu sudah dikirim ke Labkesda Provinsi Jawa Barat untuk memastikan.

"Ada 4 atau 6 pasien, saya lupa persisnya, yang dirawat di rumah sakit dengan dugaan penyakit campak. Ada anak-anak juga," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr. Asep Hendra, Jumat (20/1/2023).

Dia mengatakan saat ini masih menunggu hasil uji laboratorium sampel dari para pasien tersebut. "Biasanya hasil keluar sekitar dua minggu," kata Asep. Jika ternyata dinyatakan positif campak, maka pihaknya akan segera menurunkan tim epidemiologi untuk mencegah penyakit ini mewabah di Tasikmalaya.

Asep Hendra menjelaskan sejak awal pihaknya sudah membentuk tim yang terkoneksi ke semua rumah sakit, sehingga jika ditemukan kasus penyakit yang berpotensi jadi wabah atau kejadian luar biasa, bisa segera diantisipasi.

Baca Juga: Dear Pria Jangan Abaikan Sakit di Kemaluan, Remaja Ini Testisnya Membusuk

"Kita punya tim survailans di setiap rumah sakit, sehingga kalau ada kasus penyakit yang berpotensi KLB langsung kita antisipasi. Termasuk temuan yang diduga terpapar campak itu," kata Asep.

Merujuk data tahun 2022, di Kota Tasikmalaya ada 30 kasus yang sempat dicurigai campak. Meski setelah diuji laboratorium, yang positif campak itu hanya satu orang.

Atas potensi penyebaran wabah campak itu, Asep Hendra mengatakan masyarakat bisa melakukannya dengan memberikan vaksinasi MR kepada anak-anak.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkes Kota Tasikmalaya Pantau Pasien Diduga Campak

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:09 WIB

Kasus TBC Meningkat Begini Langkah Dinkes Pangandaran

Rabu, 23 November 2022 | 13:24 WIB
X