• Minggu, 29 Januari 2023

Penjabat Kepala Daerah Tak Mampu Kendalikan Inflasi, Siap-siap Dicopot Mendagri

- Selasa, 24 Januari 2023 | 20:43 WIB
 Mendagri Tito Karnavian. (f: int)
Mendagri Tito Karnavian. (f: int)


TINTAPUTIH - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mewanti-wanti agar seluruh penjabat (Pj) Kepala Daerah agar bisa mengendalikan laju inflasi di daerahnya masing-masing. Jika tidak, Tito menegaskan tak segan untuk mencopot jabatannya.

"Kalau ada yang sampai 3 kali berturut-turut inflasi di atas nasional, udahlah pasti akan out saja, pasti saya akan out-kan. Saya akan lapor presiden, ganti kemudian. Tapi sebaliknya rekan-rekan yang bisa mengendalikan inflasi dan relatif bagus, mau digoyang seperti apa kita akan pertahankan," ucap Tito usai acara rapat koordinasi pengendalian inflasi di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga: Trio Buruh Bangunan di Sukaratu Tasikmalaya Cekok dan Cabuli Gadis Remaja

Dia menjelaskan saat ini sudah ada 101 penjabat kepala daerah yang sudah bertugas, kemudian tahun ini ditambah 170 penjabat.

Tito menjelaskan pengendalian inflasi menjadi salah satu parameter kinerja seorang pemimpin. Jika mampu mengendalikan inflasi maka penjabat itu dapat dikatakan berkualitas.

"Ada juga yang autopilot (dalam pengendalian inflasi). Kita punya datanya, dan saya sangat warning nanti kepada rekan-rekan yang Pj, ini sudah ada 101 Pj, tahun ini ada 170, Pj-Pj ini nomor satu variabelnya, salah satu yang menjadi kriteria adalah pengendalian inflasi," kata Tito.

Salah satu daerah yang saat ini dipimpin oleh PJ adalah Kota Tasikmalaya. Penjabat Wali Kota Tasikmalaya dijabat oleh Cheka Virgowansyah sejak akhir tahun lalu.***

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkes Kota Tasikmalaya Pantau Pasien Diduga Campak

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:09 WIB

Kasus TBC Meningkat Begini Langkah Dinkes Pangandaran

Rabu, 23 November 2022 | 13:24 WIB
X