• Minggu, 28 November 2021

Tanpa Penindakan, Operasi Zebra Lodaya 2021 Fokus Edukasi dan Sosialisasi

- Minggu, 21 November 2021 | 15:48 WIB
Anggota Polres Ciamis memberikan masker kepada pengendara sepeda motor di sekitar SPBU Cimaragas. (dok. Polres Ciamis)
Anggota Polres Ciamis memberikan masker kepada pengendara sepeda motor di sekitar SPBU Cimaragas. (dok. Polres Ciamis)

TINTAPUTIH - Operasi Zebra Lodaya tahun 2021 ini berbeda dari biasanya. Polisi yang biasanya gencar melakukan penindakan terhadap pelanggar aturan berlalulintas jika sedang melaksanakan operasi Zebra, kali ini berbeda. Tak ada penilangan yang biasanya membuat pengguna jalan ketakutan.

Seperti yang dilakukan Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis, pelaksanaan operasi Zebra Lodaya kali ini lebih ditekankan kepada sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat. Contohnya dilakukan di sekitar SPBU Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis Jawa Barat, Minggu, 21 November 2021.

Kegiatan polisi ini disambut antusias oleh sejumlah masyarakat dan pengguna jalan. Para pengendara yang sebelumnya segan dan takut terkena tilang, ternyata hanya mendapatkan peringatan dan imbauan dari petugas.

Baca Juga: Polisi Terluka Parah Ditabrak Mobil Bandar Narkoba di Cirebon 

Sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan ini dilaksanakan dengan cara woro-woro kepada pengguna jalan. Selain itu petugas juga memberikan masker gratis kepada pengendara maupun masyarakat.

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo mengatakan operasi Zebra kali ini difokuskan pada upaya pencegahan dan memutus rantai penyebaran COVID-19. Selain itu juga tentunya mengajak masyarakat untuk lebih disiplin dalam berlalu lintas.

"Operasi Zebra Lodaya 2021 digelar selama 14 hari. Dari tanggal 15 November hingga 28 November 2021. Kami tidak melakukan penindakan," katanya.

Bowo berharap meski tanpa penindakan, operasi Zebra Lodaya 2021 ini masyarakat sadar dan patuhi protokol kesehatan COVID-19. Serta masyarakat lebih disiplin berlalu lintas dengan mengutamakan keselamatan di jalan sebelum berkendara di jalan raya.

"Semoga operasi Zebra Lodaya bisa berhasil dan memberikan pengetahuan mengenai protokol kesehatan dan keselamatan di jalan raya," kata Bowo.***

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Jadikan Angkutan Umum Media Kampanye Prokes

Sabtu, 13 November 2021 | 15:38 WIB

Mabuk "Kentang" Nekat Begal Ponsel, Berakhir di Bui

Rabu, 10 November 2021 | 21:30 WIB

Korban Tenggelam Pantai Karapyak Ditemukan Tewas

Sabtu, 6 November 2021 | 09:38 WIB

Ratusan Warga Tasikmalaya Tertipu Investasi Bodong

Senin, 1 November 2021 | 16:19 WIB
X