• Minggu, 28 November 2021

Seorang Guru MTs Harapan Baru Ciamis Ditetapkan Tersangka Kasus Tewasnya 11 Siswa Saat Susur Sungai

- Senin, 22 November 2021 | 14:42 WIB
Kapolres Ciamis AKBP Wahyu Broto Narsono Adhi menjelaskan penetapan tersangka kasus 11 siswa MTs tewas. (dok. Polres Ciamis)
Kapolres Ciamis AKBP Wahyu Broto Narsono Adhi menjelaskan penetapan tersangka kasus 11 siswa MTs tewas. (dok. Polres Ciamis)

TINTAPUTIH - Aparat Polres Ciamis menetapkan tersangka atas kejadian kecelakaan meninggalnya 11 siswa MTs Harapan Baru Ciamis saat melakukan kegiatan susur sungai Cileueur. Tersangka diketahui berinisial R (41) yang merupakan guru pembimbing dan penanggungjawab kegiatan maut tersebut.

"Tersangka ini adalah R (41). Beliau adalah penanggung jawab kegiatan," kata Kapolres Ciamis AKBP Wahyu Broto Narsono Adhi didampingi Kasat Reskrim Polres Ciamis AKP Afrizal Wahyudi Achmad, dalam konferensi pers di aula Pesat Garta Mapolres Ciamis, Senin (22/11/2021).

Wahyu Broto menjelaskan R (41) ditetapkan sebagai tersangka karena kecelakaan 11 siswa tewas tenggalam, timbul dari kelalaian. Tersangka seharunya memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengetahui risiko yang akan terjadi saat kegiatan.

Baca Juga: 11 Siswa MTs Cijantung Tewas Tenggelam di Sungai Cileueur

"Itu tidak diperhitungkan risikonya. Dalam kegiatan juga tak tersedia alat keselamatan yang cukup. Barang bukti yang kita amankan adalah lembar keputusan pengangkatan tersangka sebagai guru di madrasah, surat pembagian tugas kepada tersangka, dan sertifikasi mitigasi tersangka," kata Wahyu Broto.

Wahyu Broto memaparkan tersangka dikenakan Pasal 359 KUHP, tentang pidana atas kelalaian yang menyebabkan orang lain meninggal dunia. "Ancaman hukuman pidana maksimal 5 tahun penjara," katanya.

Sebagaimana diketahui sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung Ciamis meninggal dunia akibat tenggelam di sungai Cileueur Desa Utama Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, Jumat (15/10/2021).

Mereka mengalami kecelakaan saat mengikuti kegiatan susur sungai dalam program ekstrakurikuler Pramuka yang diselenggarakan pihak sekolah.

Baca Juga: Menelisik Leuwi Ili di Sungai Cileueur, Lokasi Tragedi 11 Siswa MTs

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Jadikan Angkutan Umum Media Kampanye Prokes

Sabtu, 13 November 2021 | 15:38 WIB

Mabuk "Kentang" Nekat Begal Ponsel, Berakhir di Bui

Rabu, 10 November 2021 | 21:30 WIB

Korban Tenggelam Pantai Karapyak Ditemukan Tewas

Sabtu, 6 November 2021 | 09:38 WIB

Ratusan Warga Tasikmalaya Tertipu Investasi Bodong

Senin, 1 November 2021 | 16:19 WIB
X