• Rabu, 26 Januari 2022

Bencana Alam Banjir Bandang Menerjang Perkampungan di Garut

- Sabtu, 27 November 2021 | 19:25 WIB
Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Garut, Sabtu 27 November 2021. (tangkapan layar video)
Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Garut, Sabtu 27 November 2021. (tangkapan layar video)

TINTAPUTIH - Sejumlah perkampungan di Kecamatan Sukawening dan Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut Jawa Barat dilanda banjir bandang, Sabtu 27 November 2021 petang.

Hingga pukul 18.00 WIB belum diperoleh keterangan resmi mengenai dampak kerusakan atau potensi jatuhnya korban akibat bencana alam tersebut.

Namun demikian dari informasi yang dihimpun, banjir bandang dengan air bercampur lumpur dan material padat itu, telah menyebabkan kerusakan yang cukup banyak. Salah satunya kerusakan sebuah jembatan di Desa Mekarwangi Kecamatan Sukawening yang diinformasikan warga melalui video yang beredar luas. Dalam video itu warga mengaku tak bisa melintasi jembatan karena rusak diterjang banjir bandang. Perekam video juga menunjukan debit air bercampur lumpur mengalir deras di sungai yang berada di hadapannya.

Selain itu dilaporkan pula banjir bandang menyebabkan kerusakan banyak rumah warga yang berdiri di sekitar aliran sungai. Sejumlah kendaraan juga dikabarkan hanyut terbawa banjir. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Satria Budi membenarkan adanya bencana alam banjir bandang tersebut. "Benar, di Sukamukti, Sukawening," ujar Budi.

Dia mengaku belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut, karena sedang menuju lokasi bencana untuk melakukan langkah-langkah penanggulangan.

Sementara itu dari video yang beredar di grup WhatsApp terlihat banjir bandang cukup deras. Kondisi sungai meluap dan menyebabkan sejumlah rumah warga tergenang.***

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kota Tasik Hujan Es, Pohon Tumbang di Beberapa Titik

Selasa, 25 Januari 2022 | 15:35 WIB

Cabuli Bocah 4 Tahun Pria Uzur Ditangkap Polisi

Sabtu, 22 Januari 2022 | 19:53 WIB

Total 257 Rumah Rusak Akibat Gempa Banten

Sabtu, 15 Januari 2022 | 20:08 WIB
X