• Selasa, 9 Agustus 2022

Kejati Usut Penyelewengan Aliran Dana Bantuan Yayasan Herry Wirawan, Pemerkosa Puluhan Santriwati di Bandung

- Selasa, 14 Desember 2021 | 18:56 WIB
Herry Wirawan (Instagram.com/@herrywirawanofficial)
Herry Wirawan (Instagram.com/@herrywirawanofficial)

TINTAPUTIH - Kasus pemerkosaan yang dilakukan Herry Wirawan terhadap puluhan santriwati terus berkembang. Kini giliran dugaan penyelewengan dana bantuan yang diusut.

Aliran dana tersebut diduga diselewengkan untuk kepentingan pribadi Herry Wirawan. Diduga duit dipakai untuk menyewa hotel dan apartemen sebagai lokasi pemerkosaan santriwati.

Kasipenkum Kejati Jabar Dodi Gazali Emil membenarkan pihaknya tengah mengusut dugaan tersebut. Hal tersebut merupakan instruksi langsung Kajati Jabar Asep N Mulyana.

"Memang betul (usut aliran dana). Pak Kajati sudah perintahkan untuk melakukan penelusuran penggunaan dana-dana berasal dari bantuan pemerintah yang didapat oleh yayasan tersebut," ucap Dodi dikutip dari galamedia.pikiran-rakyat.com, Selasa 14 Desember 2021.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Kasus Pemerkosaan Puluhan Santriwati Kejahatan Luar Biasa, Pelaku Harus Dihukum Berat

Saat ini, kata Dodi, sudah ada tim khusus yang diperintahkan mengusut dugaan penyelewengan aliran dana tersebut. Tim kini sudah mulai bergerak mencari fakta dan data di lapangan.

"Semua kami dalami. Bahkan sebagian tim sudah bergerak mencari dan mengumpulkan data. Termasuk juga menginformasi ke beberapa lembaga dan pihak yang menyalurkan bantuan tersebut," kata Dodi.

Jika ditemukan ada penyelewengan dana, kata Dodi, maka akan jadi perkara baru yang menjerat Herry Wirawan. Perkara itu terpisah dari kasus pemerkosaan yang kini sedang berjalan.

"Itu kan di luar dari dakwaan, karena persidangan ini sudah berjalan. Itu nanti hal lain yang kami lihat seperti apa. Kami di bidang intelijen ini mengecek apa saja yang menjadi permasalahannya," katanya.

"Apakah permasalahan hukum, atau apa, atau kami rekomendasikan untuk penyelidikan lanjutan. Mungkin berhubung dengan perkara baru, itu bisa saja. Cuma kami kumpulkan datanya dulu, dari data-datanya nanti dinilai," pungkas Dodi.

Herry Wirawan sendiri saat ini sudah ditahan dan kasusnya sudah disidangkan di PN Bandung. Dalam dakwaan terungkap ia telah melakukan perkosaan terhadap 12 orang santriwati.

Dalam perkembangannya, jumlah korban kini bertambah menjadi 21 santriwati. Bukan tidak mungkin jumlah korban akan terus bertambah seiring banyaknya fakta yang terungkap.

Dari pemerkosaan tersebut kini telah lahir sembilan orang anak dan dua lainnya masih dalam kandungan. Herry Wirawan juga diduga memanfaatkan anak yang lahir tersebut sebagai objek mencari bantuan dengan modus yayasan yatim piatu.***

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Istri Ferdy Sambo Akan Diperiksa LPSK Besok

Senin, 8 Agustus 2022 | 17:00 WIB

Sopir dan Ajudan Istri Ferdy Sambo Ditahan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:51 WIB

Irjen Fredy Sambo Ditahan di Mako Brimob?

Minggu, 7 Agustus 2022 | 00:22 WIB

Pelajar di Garut Jadi Pengedar Ganja Sintetis

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:39 WIB
X