• Selasa, 9 Agustus 2022

127 Orang Saksi Diperiksa KPK Sebelum Menetapkan Dua Orang Tersangka

- Kamis, 23 Desember 2021 | 20:15 WIB
Ketua KPK saat mengumumkan status tersangka atas Herman Sutrisno dan Rahmat Wardi
Ketua KPK saat mengumumkan status tersangka atas Herman Sutrisno dan Rahmat Wardi

TINTAPUTIH - Penetapan mantan Wali Kota Banjar Herman Sutrisno dan seorang pengusaha Rahmat Wardi sebagai tersangka korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilakukan setelah lembaga anti rasuah itu memeriksa 127 orang saksi.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, keduanya kini ditahan di rumah tahanan (Rutan) KPK. Tim penyidik melakukan upaya paksa penahanan pada para tersangka untuk masing-masing selama 20 hari pertama, dimulai tanggal 23 Desember 2021 sampai 11 Januari 2022.

"Tersangka RW ditahan di Rutan KPK kavling C-1 sementara tersangka HS ditahan di Rutan KPK gedung merah putih," kata Juru Bicara KPK Ali Fikri melalui rilis tertulis yang diterima tintaputih, Kamis 23 Desember 2021.

Untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 kedua tersangka juga akan menjalani isolasi mandiri selama 14 di rutan tersebut.

Penyidik KPK pun masih terus melakukan penghitungan jumlah nilai gratifikasi yang diterima Herman Sutrisno.

Baca Juga: Dampak Erupsi Gunung Semeru 51 Orang Meninggal Dunia, Ditemukan Lima Potongan Tubuh

"Selama masa kepemimpinan HS sebagai Walikota Banjar dari tahun 2008 s/d 2013 diduga pula banyak menerima pemberian sejumlah uang dalam bentuk gratifikasi dari para kontraktor dan pihak lainnya yang mengerjakan proyek di Pemerintahan Kota Banjar. Saat ini Tim Penyidik masih terus melakukan penghitungan jumlah nilai penerimaan gratifikasi dimaksud," tulis keterangan resmi KPK.

Penyidikan kasus korupsi yang menjerat keduanya, diakui KPK diawali oleh adanya laporan masyarakat.

"Diawali dengan adanya laporan masyarakat yang kemudian dilakukan pengumpulan data berupa informasi maupun keterangan mengenai dugaan tindak pidana korupsi dimaksud oleh Tim KPK, Selanjutnya KPK mengambil tindakan lanjutan dengan melakukan penyelidikan sehingga ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup untuk meningkatkan perkara ini pada tahap penyidikan dengan mengumumkan tersangka," kata Ali Fikri.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Istri Ferdy Sambo Akan Diperiksa LPSK Besok

Senin, 8 Agustus 2022 | 17:00 WIB

Sopir dan Ajudan Istri Ferdy Sambo Ditahan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:51 WIB

Irjen Fredy Sambo Ditahan di Mako Brimob?

Minggu, 7 Agustus 2022 | 00:22 WIB

Pelajar di Garut Jadi Pengedar Ganja Sintetis

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:39 WIB
X