• Selasa, 9 Agustus 2022

Komnas Perlindungan Anak Jabar Fokus Trauma Healing Korban Pemerkosaan Herry Wirawan

- Jumat, 31 Desember 2021 | 17:43 WIB
Ketua Komnas Perlindungan Anak Jawa Barat Hj Diah Puspitasari
Ketua Komnas Perlindungan Anak Jawa Barat Hj Diah Puspitasari

TINTAPUTIH - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (Komnas PA) Provinsi Jawa Barat, Hj Diah Puspitasari Momon mengungkapkan derita santriwati yang masuk pesantren pimpinan Herry Wirawan.

Mereka mengalami eksploitasi seperti mengerjakan pekerjaan rumah tangga, mengurus bayi dan membuat proposal untuk meminta bantuan sejumlah donatur.

Selain itu anak juga tidak terpenuhi haknya untuk mendapatkan pendidikan, terbukti meski bertahun-tahun tinggal di pesantren mereka tidak memiliki ijazah kesetaraan.

Sehingga saat ini mereka kesulitan untuk melanjutkan pendidikannya.

Baca Juga: Terlibat Prostitusi Artis Inisial CA Ditangkap Polisi di Hotel Mewah

"Yang menjadi prioritas kita bagaimana hak anak harus terpenuhi, baik hak pendidikan, hak perlindungan dan hak hidupnya. Selain itu juga fakta - fakta sejak awal masuk pesantren berupa eksploitasi terhadap anak dibawah umur harus diungkapkan dan diurai secara rinci dalam persidangan," terang Diah Puspita Sari yang juga Pengurus Yayasan Pendidikan Puspita Intan Permata (YPPIP) Garut, Kamis 30 Desember 2021.

Terhadap pelaku, jelasnya harus dikenakan hukuman dengan pemberatan sesuai pasal 81 Ayat 5 sebagaimana pasal 76D menimbulkan korban lebih dari satu orang dan atau gangguan jiwa dipidana mati, seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 10 Tahun dan paling lama 20 tahun, kemudian pasal 81 ayat 7 pelaku dapat dikenai kebiri kimia.

Komnas PA Jawa Barat, terangnya terus mengawal kasus ini dengan melakukan supervisi persidangan kasus Herry Wirawan dengan tujuan agar pelaku mendapatkan hukuman setimpal.

"Selain supervisi persidangan kasusnya, Komnas PA juga turun langsung terhadap korban kepada keluarganya untuk melakukan assessment," kata Diah.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Istri Ferdy Sambo Akan Diperiksa LPSK Besok

Senin, 8 Agustus 2022 | 17:00 WIB

Sopir dan Ajudan Istri Ferdy Sambo Ditahan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:51 WIB

Irjen Fredy Sambo Ditahan di Mako Brimob?

Minggu, 7 Agustus 2022 | 00:22 WIB

Pelajar di Garut Jadi Pengedar Ganja Sintetis

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:39 WIB
X