• Selasa, 9 Agustus 2022

Istri Herry Wirawan Dinilai Melakukan Pembiaran di Kasus Pemerkosaan Santriwati

- Sabtu, 1 Januari 2022 | 12:23 WIB
Kuasa hukum korban pemerkosaan Herry Wirawan, Yudi Kurnia
Kuasa hukum korban pemerkosaan Herry Wirawan, Yudi Kurnia

TINTAPUTIH - Kuasa hukum korban pemerkosaan Herry Wirawan, Yudi Kurnia menyayangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sejak awal penyidikan kasus ini hanya mengarah terhadap pelaku dan korban, tapi tidak mengarah ke pelaku lainnya termasuk dugaan istri pelaku yang melakukan pembiaran saat mengetahui aksi bejat suaminya.

"Disayangkan sejak proses awal penyidikan kasus ini hanya mengarah terhadap pelaku dan korban, sehingga proses penyidikan terhadap pelaku lainnya seperti istri pelaku tidak dilakukan sejak awal, padahal ada proses pembiaran oleh istri pelaku di saat mengetahui aksi bejad suaminya," terang Yudi Kurnia, Sabtu 1 Januari 2022.

Yudi yang juga Ketua LBH SPP itu menilai seharusnya sejak awal kasus ini terungkap dan dilaporkan tanggal 18 Mei 2021, bukan hanya terhadap para korban saja yang dilakukan penyidikan namun juga istri pelaku.

Ditambahkan dia, jika sejak awal istri pelaku mengetahui para santriwati menjadi korban pemerkosaan Herry Wirawan dan mau melaporkan kejadian itu, korban mungkin tidak akan sebanyak sekarang.

Baca Juga: Terlibat Prostitusi Artis Inisial CA Ditangkap Polisi di Hotel Mewah

"Dia kan mengetahui suaminya merudapaksa santriwati, bahkan ada saudaranya sendiri. Kenapa saat itu tidak melaporkannya dan jika saat itu pada tahun 2016 dia mau melaporkannya, tidak memakan korban sebanyak sekarang," ungkap Yudi Kurnia.

Menurut keterangan JPU dalam persidangan yang digelar Kamis kemarin, berdasarkan hasil analisa team ahli psikologi, istri pelaku saat ini mengalami tekanan mental akibat intimidasi pelaku.

Sebelumnya Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Jawa Barat, Hj Diah Puspita Sari mengatakan istri Herry Wirawan adalah korban.

"Ya istri pelaku mengetahui perbuatan suaminya terhadap para santriwati, namun dia tidak bisa berbuat apa-apa karena dicuci otak dan di intimidasi. Fakta tersebut terungkap dalam sidang lanjutan yang digelar tertutup di Pengadilan Negeri Bandung, Kamis lalu," terang Diah.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Istri Ferdy Sambo Akan Diperiksa LPSK Besok

Senin, 8 Agustus 2022 | 17:00 WIB

Sopir dan Ajudan Istri Ferdy Sambo Ditahan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:51 WIB

Irjen Fredy Sambo Ditahan di Mako Brimob?

Minggu, 7 Agustus 2022 | 00:22 WIB

Pelajar di Garut Jadi Pengedar Ganja Sintetis

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:39 WIB
X