• Senin, 4 Juli 2022

Diguyur Hujan Deras Banjir dan Longsor Terjang Samarang Garut

- Selasa, 11 Januari 2022 | 22:04 WIB
Salah satu rumah yang terdampak bencana alam di Samarang Kabupaten Garut.
Salah satu rumah yang terdampak bencana alam di Samarang Kabupaten Garut.

TINTAPUTIH - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Senin 10 Januari 2022 menyebabkan sedikitnya 3 rumah rusak tertimpa material longsor.

Selain itu banjir juga mengakibatkan beberapa ruas di jalan raya Kamojang tertutup material yang terbawa banjir.

Hujan deras juga mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa sebuah sepeda motor dan menutup badan Jalan Ciarileu Desa Parakan Kecamatan Samarang.

Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun beberapa sepeda motor dan lahan perkebunan milik warga juga rusak tersapu banjir.

Camat Samarang Neneng Martiana menyebutkan akibat hujan deras telah mengakibatkan banjir dan longsor di beberapa wilayah di Kecamatan Samarang yakni di Desa Parakan dan Desa Sukakarya.

"Akibat hujan deras dari pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB mengakibatkan tiga wilayah di Kecamatan Samarang, mengalami bencana longsor dan banjir. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah, selain jalan dan drainase yang tertimbun material longsor, ada tiga rumah dan sepeda motor yang rusak akibat tertimpa material longsor," kata Neneng.

Baca Juga: Dikeroyok Dua Pria Tanpa Alasan Jelas, Kepala Pengendara Sepeda Motor Ini Bocor

Untuk penanganan korban yang rumahnya tertimpa material longsor, jelas Neneng sudah dievakuasi ke rumah kerabatnya yang lebih aman. Mereka juga sudah diberi bantuan Sembako.

"Untuk penanganan korban kami Forkopimcam Kecamatan Samarang langsung berkoordinasi dengan Kalak BPBD Garut dan Dinas Sosial Kabupaten Garut, langsung melakukan penanganan terhadap korban. Seluruh unsur masyarakat bergotong royong membersihkan material banjir dan longsor yang menimpa rumah warga," kata Neneng.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

100 Hektar Sawah di Ciganjeng Terendam Banjir

Selasa, 28 Juni 2022 | 22:17 WIB

Akibat PMK Merebak, Sapi di Peternakan Mogok Makan

Selasa, 28 Juni 2022 | 21:22 WIB

24 Calon Jemaah Haji Pangandaran Gagal Berangkat

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:14 WIB

Ratusan Warga Bantarkalong Tasikmalaya Keracunan

Minggu, 26 Juni 2022 | 08:26 WIB
X