• Kamis, 11 Agustus 2022

Tim Maung Galunggung Garuk Balapan Liar di Jalan Sewaka Tasikmalaya

- Sabtu, 5 Februari 2022 | 10:59 WIB
Polisi memeriksa pelaku balapan liar di Jalan Gubernur Sewaka Kota Tasikmalaya.
Polisi memeriksa pelaku balapan liar di Jalan Gubernur Sewaka Kota Tasikmalaya.

TINTAPUTIH - Tim Maung Galunggung Polres Tasikmalaya Kota menggaruk belasan remaja karena menggelar aksi balap liar yang mengganggu ketertiban umum serta membahayakan keselamatan jiwa dan pengendara di Jalan Gubernur Sewaka Kecamatan Cibeurum Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Sabtu 5 Febuari 2022 dinihari.

"Kami telah mengamankan 7 motor dan 15 orang. Mereka rata-rata di bawah umur, anak-anak masih usia produktif atau remaja," tutur Kepala Tim Maung Galunggung Polres Tasikmalaya Kota Ipda Ipan Faisal.

Dia menegaskan, aksi balapan liar itu kerap mengganggu dan meresahkan masyarakat, baik pengguna jalan maupun warga sekitar. Sebab suara bising knalpot mengganggu warga. Mereka juga tidak dilengkapi alat pengaman yang memadai termasuk helm SNI.

Aksi balap liar ini juga diwarnai taruhan. Setiap sepeda motor yang dibalapkan harus bertaruh Rp 150 ribu.

Baca Juga: Arteria Dahlan Tidak Bisa Dipidana Karena Punya Hak Imunitas

Setelah diperiksa para pembalap liar itu ternyata bukan warga Kota Tasikmalaya. Mereka merupakan warga Ciamis, Banjar, Garut dan Singaparna yang sengaja menggelar balapan liar di Jalan Gubernur Sewaka Kota Tasikmalaya.

"Mereka sengaja datang dari luar kota. Karena di tempat mereka tidak ada jalur seperti ini," kata Ipan. Diketahui pula mereka merencanakan aksi balapan liar itu di media sosial. Mereka juga sudah sering menggelar balapan liar dengan tempat yang berpindah-pindah.

Ipan berharap masyarakat proaktif melapor ke polisi jika melihat adanya aksi serupa di wilayah Kota Tasikmalaya. "Kami juga akan terus melakukan patroli untuk mempersempit ruang gerak mereka," kata Ipan.***

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ferdy Sambo Jadi Tersangka Penembakan Brigadir J

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:33 WIB

Istri Ferdy Sambo Akan Diperiksa LPSK Besok

Senin, 8 Agustus 2022 | 17:00 WIB

Sopir dan Ajudan Istri Ferdy Sambo Ditahan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:51 WIB

Irjen Fredy Sambo Ditahan di Mako Brimob?

Minggu, 7 Agustus 2022 | 00:22 WIB

Pelajar di Garut Jadi Pengedar Ganja Sintetis

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:39 WIB
X