• Kamis, 11 Agustus 2022

Warga Mangkubumi Berharap Kota Tasikmalaya Dipimpin Figur Muda yang Punya Jiwa Wirausaha Kuat

- Selasa, 12 April 2022 | 23:51 WIB
Warga berharap pemimpin Kota Tasikmalaya ke depan harus memiliki latar belakang di bidang wirausaha dengan jejaring luas.*
Warga berharap pemimpin Kota Tasikmalaya ke depan harus memiliki latar belakang di bidang wirausaha dengan jejaring luas.*

TINTA PUTIH - Kondisi warga di wilayah Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya sejak lama identik dengan jiwa wirausaha. Selain dikenal dengan perajin anyaman bambunya, wilayah bagian barat kota santri ini dihuni banyak perajin alas kaki, peternakan dan lainnya.

Kehadiran tangan-tangan kreatif itu membuat geliat perekonomian warga kawasan itu ikut tumbuh. Namun dalam lima tahun terakhir, geliatnya mulai melambat dan diperparah dengan Covid-19 yang melanda.

Dedi Abdul Muis, salah seorang perajin mengakui situasi itu. Lesunya permintaan pasar terhadap produk sandal berbahan baku spon atau kulit turut memaksa sejumlah bos sandal Mangkubumi mengurangi produksi. Warga setempat pun terkena imbas.

Baca Juga: BPOM RI Hentikan Peredaran Kinder Joy

"Hal itu memaksa pengurangan tenaga kerja," kata Dedi saat menginisiasi pertemuan dengan puluhan warga di kediaman salah seorang tokoh di Perumahan Andalusia, Minggu 10 April 2022.

Pertemuan yang dikemas dalam bentuk silaturahmi belakangan ini memang mulai banyak digelar masyarakat. Rencana pelaksanaan Pileg yang disusul pemilihan kepala daerah jadi salah satu pemicu.

Maka momentum seperti itu dimanfaatkan kelompok masyarakat guna membahas dan mencari alternatif solusi dalam mendorong kesejahteraan masyarakat setempat. Topik pembahasan yang mengarah pada suksesi kepemimpinan di kota santri pun mengemuka.

Baca Juga: Moeldoko Kecam Aksi Pengeroyokan Terhadap Ade Armando

Saat disinggung hal itu, mereka intinya berharap pemimpin Kota Tasikmalaya ke depan harus memiliki latar belakang di bidang wirausaha dengan jejaring luas. Dengan sosok pemimpin berkarakter entreupreuneur, harapan bangkitnya kembali beragam kegiatan usaha lebih terbuka.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ferdy Sambo Jadi Tersangka Penembakan Brigadir J

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:33 WIB

Istri Ferdy Sambo Akan Diperiksa LPSK Besok

Senin, 8 Agustus 2022 | 17:00 WIB

Sopir dan Ajudan Istri Ferdy Sambo Ditahan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:51 WIB

Irjen Fredy Sambo Ditahan di Mako Brimob?

Minggu, 7 Agustus 2022 | 00:22 WIB

Pelajar di Garut Jadi Pengedar Ganja Sintetis

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:39 WIB
X